Hari- hari sibuk menjelang penilaian Akreditasi Puskesmas tahun 2016

Sejak awal Agustus 2016, Tim pokja kareditasi Puskesmas Simpang Empat 2 mulai sibuk bekerja menyiapkan beberaopa berkas dokumen terkait elemen penilaian akreditasi Puskesmas. Sebelumnya karena bulan Puasa dan agenda PIN Campak, kegiatan sempat terhenti sejenak . Tim Pokja yang bekerja dibawah arahan langsung Kepala Puskesmas Simpang Empat 2 H.M.Fakhrurrozie,SKM,MAP dan wakil manajemen mutu yang juga Kasubbag TU ibu Laili Hidayati,SKM selalu mengadakan rapat rutin mingguan internal Pokja dan Rapat rutin mingguan  lintas Pokja.

Beberapa permasalahan yang sempat menjadi kendala akhirnya dapat dipecahkan bersama setelah komando kegiatan dibawah kendali langsung Top Manajemen dan Manajemen Refresentatif.

berikut ini adalah beberapa kegiatan penting yang telah dilakukan :

  1. Kegiatan Pendampingan Akreditasi :
    Jpeg
    Semangat Akreditasi Puskesmas. Dua Tim pendampingan foto bersama dengan Tim Pokja Akreditasi Puskesmas

    Dilakukan secara intensip oleh Tim Pendampingan Akreditasi Puskesmas yang diketuai langsung oleh Kepala Bidang Yankes H.M.Farid ,SKM dan anggota drg.Agus dan Titik,SKM. Pembinaan dilakukan sebanyak 8 kali kunjungan  yang setiap kunjungannya dilakukan selama 2 hari. Sebagai puncak pembinaan adalah pra survey yang dilakukan tepat saat Lokmin Lintas sektor hari Selasa, 25 Oktober 2016 .

  2. Audit Internal I :Jpeg
    Dilakukan sesuai jadual Audit Internal yaitu hari Rabu dan kamis tanggal 6-7 oktober 2016. Audit dilakukan terhadap ruang Laboratorium , Pendaftaran dan KIA untuk kelas ibu hamil.  Sebagai Lead Auditor adalah Salbani,A.Md dengan anggota Saibatul Aslamiah, dr.delia,Maya, Nur Aina Hafizah dan Apriyati.
  3. Rapat Tinjauan Manajemen I: Dilakukan pada hari senin tanggal 10 Oktober 2016. sebagai langkah tinndak lanjut kegiatan Audit Internal ke I yang dilakukan tanggal 5,6 oktober 2016 sebelumnya.R
    Jpeg

    RTM dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas

    apat Tinjauan Manajemen ke T juga dihadiri oleh Tiim Pendampingan Akreditasi Puskesmas Kab.Banjar secara lengkap. Sebagai hasil kegiatan telah dilakukan beberapa perbaikan dan pmbenahan terkait temuan

  4. Kegiatan Self Assesmen ke -2 : merupakan kegitan SA ke 2 setelah sebelumnya dilakukan pada bulan Mei 2016. Merupakan kegiatan Simulasi untuk melihati sejauh mana kelengkapan dokumen yang telah disiapkan dan progres capaian persentasi  Nilai Akreditasi.Kegiatan dilakukan pada hari Selasa tanggal 11 Oktober 2016 dan juga dihadiri secara lengkap oleh Toim Pendampingan Akreditasi Puiskesmas Dinkes Banjar
  5. Audit Internal II : Dilakukan pada hari Senin tanggal 17 oktober 2016. Kegiatan Audit kali ini juga dihadiri sebanyak 15 orang Tim Pokja Akreditasi Puskesmas Kertak Hanyar dan Tim Pendampingan Dinkes Banjar.Hasilnya adalah temuan pada Pokja UKM terhadap kegiatan Posbindu, Audit keuangan dan SOP pendaftaran yang terdapat ketidak sesuaian.
  6. Kegiatan kalibrasi Alkes ; Dilakukan oleh TIM dari LPFK Banjarbaru pada hari Sabtu 22 Oktober 2016.
  7. Rapat Tinjauan Manajemen II : Dilakukan pada hari Sabtu tanggal 22 oktober 2016
  8. Prasurvey oleh Tim Pendampingan Kabupaten : Dilakukan oleh Tim Pendampingan Aklreditasi Dinkes Banjar selama 3 hari, yaitu Sabtu-senin tyanggal 22-24 Oktober 2016.
  9. Menerima kunjungan Tim Pokja UKM Puskesmas Martapura I. : JpegTim Pokja UKM Puskesmas Martapura I diketuai oleh Zainal,SKM besertya 3 anggotamnya melakukan kunjungan perbandingan kelengkapan dokumen pada hari Sabtu, tanggal 15 Oktober 2016
  10. Menerima Kunjungan TIM Pokja Akrediotyasi Puskesmas Kertak Hanyar : Diketuai langsung oleh Kepala Puskesmas Kertak Hanyar Ibu Wuri,SKM,MPH, sebanyak 15 orang Tim Pokja Akreditasi Puskesmas Kertak Hanyar melakukan kunjungan perbandingan ke Puskesmas Simpang Empat 2. Kunjungan dilakukan pada hari senin, 17 Oktober 2016 bertepatan dengan kegiatan Audit Internal ke 2.
  11. Lokakarya Mini Lintas Sektor ::Jpeg
    Jpeg

    Kadinkes menandatangani komitmen dukungan akreditasi Puskesmas SE 2

    Lokmin diadakan pada hari Selasa tanggal 25 Oktober 2016 yang dihadiri oleh 2 sekcam, beberapa Pambakal, dari TNI dan Dinkes Banjar. Lokmin juga dihadiri oleh Kepala Dinkes Kab.Banjar Bapak Ikhwansyah,M.Kes yang menyempatkan diri untuk hadir sekaligus memberi semangat dan penggalangan komitmen.

  12. Pelatihan Penaggulangamn kebakaran dan Bencana :
    Jpeg

    aksi pemadaman api dengan APAR

    Jpeg

    Foto selesai Bintek dengan Tim Damkar BPBD Kab.Banjar

    Kegiatan Bintek dilaksanakan pada hari Rabu, 26 Oktober 2016 di lingkungan gedung Puskesmas Simpang Empat 2. Kegiatan penanggulangan kebakaran dilatih  langsung oleh Tim Damker BPBD Kab.banjar. Sebanyak 5 orang pelatih melakukan pelatihan terhadap 30 orang karyawan Puskesmas Simpang Empat 2 dalam hal penggunaan APAR dan simulasi mengatasi kebakaran gedung. Kegaiatan berlangsung selama 5 jam dimulai pukul 11.00 sampai pukul 16.00.

  13. Kegiatan bersih-bersih Puskesmas : Kegiatan pembersihan lingkungan Puskesmas  dilakukan pada hari Kamis tanggal 27 oktober 2016 diketua oleh Pa Suslanto selaku Pengelola Barang dan Alkes.
Pos ini dipublikasikan di BACA SEMUA ISI. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s