Puskesmas Sungkai terapkan pola gabungan Pembagian Jasa Pelayanan Kapitasi BPJS

Kepala Puskesmas saat memberikan paparan tentang formulasi pembagian jasa pelayanan

Kepala Puskesmas saat memberikan paparan tentang formulasi pembagian jasa pelayanan

suasana pembagian Jasa Pelayanan JKN ( Kamis 12-6-2014)

suasana pembagian Jasa Pelayanan JKN ( Kamis 12-6-2014)

Demi menerapkan rasa keadilan bagi seluruh karyawan Puskesmas Sungkai, tidak terkecuali bagi yang TKS maupun magang sekalipun, Kepala Puskesmas Sungkai menginisiasi pola gabungan sistem pembagian Jasa Pelayanan Kapitasi BPJS. Pola gabungan sistem poin antara Permenkes no 16/ 2014 dengan sistem poin mengacu salah satu RS pemerintah di Jawa Timur menampilkan penilaian poin terhadap   nilai meliputi latar belakang pendidikan atau profesi, Jabatan di JKN (menurut Permenkes 16/2014), ditambah masa kerja, golongan, status kepegawaian, resiko tempat tugas, beban kerja dan kehadiran di Puskesmas. Dengan pola gabungan ini, terdapat standar penilaian jasa pelayanan yang lebih realistis, rasional dan adil. Pola ini akan sangat berbeda dengan sistem persentasi yang terkesan lebih menguntungkan beberapa pihak atau standar permenkes yang belum menampilkan banyak kreteria  demi rasa keadilan.

Pola gabungan ini di presentasi beliau pada rapat intern Puskesmas hari Rabu,11 Juni 2014. Rapat intern  terkait pencairan dana kapitasi yang telah diterima Puskesmas Sungkai hari yang sama (pagi) sebesar Rp. 37. juta selama 4 bulan. Rapat yang dihadiri  hampir 90 %  karyawan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas H.M.Fakhrurrozie,SKM,MAP didampingi bendaharawan JKN yuli Redawati,SKM dan Pengelola JKN Salbani. Dalam rapat yang berlangsung hampir 2 jam banyak terdapat masukan dari karyawan tentang skor penilaian dan kehadiran. Setelah dilakukan diskusi akhirnya diambil kesepakatan bahwa seluruh karyawan memutuskan menggunakan pola gabungan dalam formulasi pembagian jasa pelayanan kapitasi JKN karena dinilai lebih adil dan kredibel.

Untuk lebih lengkap, kami sampaikan  skor penilaian versi Pusjsmas Sungkai yang mingkin saja bermanfaat bagi teman-teman sesama Puskesmas dalam membagi jasa pelayanan Kalpitasi JKN. Kami juga telah menerapkan program aplikasi Microsoft Excel yang dirancang oleh Kepala Puskesmas sehungga menudahkan dalam perhitungannya.

Kriteria Jasa Pelayanan

 

Pos ini dipublikasikan di BACA SEMUA ISI, SERBA SERBI PUSKESMAS SUNGKAI dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s