Puskesmas Sungkai bantu warga yang ingin menjadi peserta BPJS

Brosur pengumuman pendaftaran BPJS yang disebar ke warga

Brosur pengumuman pendaftaran BPJS yang disebar ke warga

BPJS1

Poster pengumuman Pendaftaran BPJS di pintu masuk Puskesmas

Poster pengumuman Pendaftaran BPJS di pintu masuk Puskesmas

Terhitung sejak 1 Mei 2014 ,untuk meningkatkan partisipasi warga menjadi peserta BPJS  Puskesmas Sungkai sebagai salah satu Fasilitas Kesehatan tingkat I (FKP) membantu proses pendaftaran warga ke BPJS Kabupaten. Warga cukup membawa berkas terkait yaitu fotokopi Kartu Keluarga, KTP, Foto 3X4 2 lembar dan uang pendaftaran awal sesuai iuran kelas perawatan yang diinginkan , yaitu Rp.25.500 ( kelas III), 42.500 ( kelas II) dan 59.500 ( Kelas I) . Selanjutnya secara berkala Tim Pengalola BPJS Puskesmas Sungkai yaitu Yuli Redawati akan membawa berkas ke BPJS Kabupaten setiap jum’at untuk didaftarkan secara kolektif.

Informasi pendaftaran yang disampaikan langsung oleh Kepala Puskesmas Sungkai H.M.Fakhrurrozie saat Rapat Kordinasi Kecamatan di desa Berkat Mulia bulan April kemaren, disusul di desa Paku dan terakhir di desa Cabi bulan Juni ini, juga ditindaklanjuti dengan pembuatan brosur dan leaflet  informasi BPJS yang disebar ke seluruh desa wulayah kerja Puskesmas Sungkai. Lainnya, setiap ibu hamil dan penderita penyakit degeneratif serta menular akan diberikan leaflet pendaftaran setiap berkunjung ke Puskesmas. Infornasi juga dibantu oleh seluruh bidan di desa yang berperan sebagai koordinator pendaftaran di desa. Menurut Kapala Puskesmas Sungkai, upaya ini disamping untuk meningkatkan peran serta aktif warga menjadi peserta Mandiri BPJS, juga memudahkan warga dalam proises pengurusan pendaftaran yang disamping memerlukan biaya tranbsport juga waktu yang tak sedikit.Sebelumnya banyak warga yang mengeluhkan tentang susahnya proses pendaftaran yang harus bolak- balik ke kabupaten karena berkas yang tidak lengkap sehingga memerlukan biaya trasnport yang tidak sedikit.

dengan adanya uapaya pendaftaran ini, seditnya Puskesmas Sungkai telah membantu masyarakat yang berkeinginan kuat untuk peserta BPJS secara mandiri. Sampai berita ini diturunkan sud ah ada sekitar 50 orang peserta baru yang mendaftar. Alhamdulillah….semoga upaya ini mendapat berkah dari Allah SWT. (rozie)

Pos ini dipublikasikan di BACA SEMUA ISI, MANAJEMEN KINERJA PUSKESMAS SUNGKAI, SERBA SERBI PUSKESMAS SUNGKAI dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s