perkuat program Perkesmas di Puskesmas, Kemenkes RI selenggarakan workshop Nasional 20-22 Nopember 2013 di Bandung

Foto0423

Pembukaan Acara ol;eh Ibu Direktur Keperawatan  Kemenkes RI

Pembukaan Acara ol;eh Ibu Direktur Keperawatan Kemenkes RI

Narasumber dari Kemenkes

Narasumber dari Kemenkes

Pelayanan Keperawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas) merupakan salah satu upaya puskesmas yang mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat dengan memadukan ilmu/ praktik keperawatan dengan kesehatan masyarakat lewat dukungan peran serta aktif masyarakat mengutamakan pelayanan promotif dan preventif secara berkesinambungan tanpa mengabaikan pelayanan kuratif dan rehabilitatif secara menyuluh dan terpadu, ditujukan kepada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat untuk ikut meningkatkan fungsi kehidupan manusia secara optimal sehingga mandiri dalam upaya kesehatannya.

Petugas Perkesmas adalah semua perawat fungsional yang bekerja di puskesmas dan mendukung adanya kolaborasi dengan petugas kesehatan lain (dokter, bidan, petugas gizi, petugas kesling, dll) sesuai kebutuhan dan lingkup permasalahan yang dihadapi ketika melayani masyarakat.

Kegiatan pelayanan Perkesmas dapat dilaksanakan di dalam dan di luar gedung puskesmas. Di dalam gedung, perawat melakukan asuhan keperawatan bagi individu yang datang ke puskesmas sedangkan kegiatan di luar gedung, perawat dapat melakukan asuhan keperawatan keluarga maupun asuhan keperawatan kelompok khusus/ rawan kesehatan di daerah binaan Perkesmas. Berbagai masalah kesehatan yang memerlukan pelayanan Perkesmas antara lain; kasus penyakit menular (Tuberkulosis, Malaria, HIV/AIDS) penyakit tidak menular (Hipertensi, DM, Paska Stroke, Jantung), masalah kesehatan gizi (gizi kurang dan gizi buruk) atau asuhan keperawatan kepada kelompok lansia,  kelompok balita, kelompok calon jemaah haji, kelompok dengan penyakit tertentu. Jenis kegiatan yang dilakukan selama memberikan pelayanan perkesmas seperti; deteksi dini, penyuluhan kesehatan, konseling,  perawatan kesehatan dasar, dan rujukan ke pelayanan kesehatan terdekat.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan perkesmas tersebut diadakanlah Kegiatan Workshop Nasional dilaksanakan selama tiga (3) hari mulai tanggal 20 s.d.22 November 2013 di Hotel Grand Royal Panghegar Bandung .

Workshop juga dibahas beberapa draft materi yang mendukung untuk penguatan kinerja perawat puskesmas dalam menerapkan perkesmas seperti Standar Perkesmas dan Pengelolaan Daerah Binaan Perkesmas Terintegrasi dengan PMK di Puskesmas. Selain itu juga dibahas Bimtek dan Monev Perkesmas Terintegrasi dengan PMK serta Pencatatan dan Pelaporan Perkesmas di Puskesmas. Materi yang dibahas dalam pokja tersebut diperlukan oleh stakeholder sebagai acuan dalam pengelolaan penyelenggaraan perkesmas di puskesmas.

Workshop ini juga membahas Rumah Perawatan, yaitu fasilitas pelayanan kesehatan yang digunakan untuk menyelenggarakan pelayanan keperawatan dalam bentuk praktik asuhan keperawatan ditujukan kepada klien (individu, keluarga, kelompok) dengan masalah kesehatan. Hal ini sesuai dengan Permenkes Nomor HK.02.02/MENKES/148/I/2010 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Perawat menyatakan bahwa perawat dapat melaksanakan praktik keperawatan pada sarana pelayanan kesehatan, praktik perorangan dan atau berkelompok. Praktik mandiri perawat merupakan kontribusi perawat guna melakukan penanganan berbagai masalah kesehatan yang makin kompleks melalui asuhan keperawatan, dilakukan sesuai dengan lingkup wewenang dan tanggung jawab profesional serta aplikasinya berdasarkan ilmu keperawatan.(zie, berbagai sumber )

Pos ini dipublikasikan di BACA SEMUA ISI, KEGIATAN LUAR GEDUNG dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s