Kepala Puskesmas Sungkai sebagai peserta Worshop Nasional Perkesmas di Bandung

Foto0423

Bersama Harif Fadillah,Sekjen PPNI

Bersama Harif Fadillah,Sekjen PPNI

Foto0414Kepala Puskesmas Sungkai H.M.Fakhrurrozie,SKM,MAP diikutkan sebagai peserta swadana Kegiatan Workshop Nasional dilaksanakan selama tiga (3) hari mulai tanggal 20 s.d.22 November 2013 di Hotel Grand Royal Panghegar Bandung bersama 2 orang peserta dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar lainnya, yaitu ibu Hj.Syamsinar S KM ( Kasie PMK ) dan ibu dr Lailatul Jannah ( Kepala UPT Puskesmas Sungai Tabuk ).

Acara yang berlangsung selama 3 hari tersebut terisi penuh dengan jadual yang telah diagendakan panitia.

Hari pertama yaitu Rabu Malam diisi dengan Acara pembukaan, diisi dengan Laporan Ketua Panitia sekaligus Pembukaan oleh Direktur Bina Pelayanan Keperawatan dan Keteknisian Medik ibu Suhartati,S.Kp,M.Kes .Sambutan Selamat Datang oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Kegiatan dilanjutkan dengan Pengarahan oleh Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dengan topik “Kebijakan Kementerian Kesehatan dalam rangka Mengoptimalkan Upaya Promotif dan Preventif pada Pelayanan Kesehatan Primer”

Hari kedua diisi oleh sebelas (11) narasumber yang ahli di bidangnya dengan topik materi bervariasi terbagi atas empat (4) panel. Panel Pertama membahas tentang Kebjakan Perkesmas Terintegrasi dengan PMK di Puskesmas yang disampaikan oleh Direktur Bina Pelayanan Keperawatan dan Keteknisian Medik dan Revitalisasi Puskesmas yang disampaikan oleh Direktur Bina Upaya Kesehatan Dasar. Panel Kedua membahas tentang Kebijakan tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Perawat yang disampaikan oleh Kabag Hukum Biro Hukum dan Organisasi Kemenkes, Kebijakan tentang Registrasi dan Sertifikasi Tenaga Kesehatan yang disampaikan oleh Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia, dan Model Praktik Mandiri Perawat yang disampaikan oleh Ketua PP-PPNI. Panel Ketiga membahas tentang Kebijakan Pengelolaan Perkesmas di Dinas Kesehatan Provinsi/ Kabupaten/ Kota yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, dan Dinas Kesehatan Kota Palu. Pemilihan lokasi ini disebabkan keunikan stakeholder di daerah tersebut dalam mengembangkan perkesmas di wilayah kerjanya masing-masing. Panel Keempat membahas Penerapan Perkesmas di Puskesmas yang disampaikan oleh Kepala UPT Puskesmas Kopo Bandung, Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Pontianak Kota dan Kepala Puskesmas Bumi Ayu Dumai.

Hari Ketiga diisi dengan pelaksanaan kelompok kerja (pokja). Pada hari ini, peserta dibagi ke dalam lima pokja dengan pembagian kelompok seperti sesuai ketentuan panitia. Satu pokja membahas satu topik materi terkait Perkesmas. Terdapat lima (5) topik materi yang disediakan oleh panitia, yaitu Pengelolaan Daerah Binaan Perkesmas Terintegrasi dengan PMK di Puskesmas, Bimtek dan Monev Perkesmas Terintegrasi dengan PMK di Puskesmas, Pencatatan dan Pelaporan Perkesmasdi Puskesmas, Standar Perkesmas, serta Rumah Perawatan.

Acara ditutup pada hari Jumat sekitar pukul 11.00 dan diakhiri dengan penyelesaian administrasi bersama panitia.(zie)

Tentang Muhammad Fakhrurrozie

lubuk hatiku's blog adalah blog yang berisikan sumbang saran dan gagasan tentang kesehatan umum, keperawatan,kedokteran dan pemberdayaan aparatur.Dikelola oleh seorang perawat yang mencoba membuka wawasan sesuai dengan latar belakang keilmuan yang dimiliki,
Pos ini dipublikasikan di BACA SEMUA ISI, KEGIATAN LUAR GEDUNG dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s