Kepala Puskesmas se Kabupaten Banjar lakukan pembelajaran ke Bogor dan Jakarta.

bogorsindang barang
kader jiwa

 

Foto0384kenanganrombongan

 

Cilandak

Sebanyak 23 orang kepala Puskesmas beserta  Sekretaris Dinas dan pejabat pada bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar  melakukan kunjungan pembelajaran Puskesmas dengan pelayanan Kesehatan Jiwa dan Puskesmas dengan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Bogor dan  Jakarta.

Kegiatan yang dimulai rabu tanggal 11 September 2013 tersebut diawali dengan kunjungan hari pertama ke  Dinas Kesehatan Kota Bogor untuk mengenal lebih dekat tentang pelayanan Kesehatan Jiwa yang telah berhasil membawa nama mereka ke tingkat secara nasional .Paparan yang disampaikan langsung oleh ibu Kepala Dinkes Kota Bagor tersebut secara mendetail menjabarkan beberapa upaya yang dijalankan termasuk kegiatan kerjasama mereka dengan Fakulas Keperawatan UI untuk kesehatan jiwa ini. Pengenalan lapangan  dilanjutkan kunjungan lapangan ke Puskesmas Sindang Barang yang pertama kali  menjalankan kegiatan ini. Di Puskesmas kami berkenalan lebih dekat dxengan para kader Kesehatan jiwa dan beberapa orang penderita yang telah berhasil dibina.

Kunjungan hari kedua Kamis ke Puskesmas Kecamatan Cilandak yang telah berhasil menjalankan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) selama 2 tahun berjalan. Penjelasan tentang Puskesmas BLUD disampaikan langsung oleh Kepala Puskesmas Ibu Drg.Ni Putu. Kunjungan pembelajaran di Puskesmas ini  ternyata telah membuka wawasan kami tentang pengelolaan keuangan Puskesmas yang diawali dengan Puskesmas Swadaya sebelum sampai ke Puskesmas BLUD. Pengelolaan keuangan mereka yang mencapai 2 Milyar lebih setahun membuktikan keberhasilan pengelolaan pelayanan Puskesmas yang berbasis pembiayaan. Kreatifitas Puskesmas untuik menampilkan pelayanan terbaik akhirnya berbuah dengan pemasukan pendapatan yang memadai dan mampu mensejahterakan karyawan. Suatu hal yang seharusnya layak ditiru di Kabupaten Banjar. Langkah awal kiranya penerapan Rencana Kerja Anggaran SKPD yang sebagian sudah seharusnya dijalankan di Puskesmas sehingga Puskesmas mampu secara mandiri membentuk kinerja yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Pos ini dipublikasikan di BACA SEMUA ISI, KEGIATAN LUAR GEDUNG. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s