Harapan itu ternyata masih ada

Ditengah kegalauan kami atas rendahnya cakupan Standar Pelayanan Minimal(SPM) Puskesmas Sungkai beberapa tahun ini , terutama di sektor pelayanan Kesehatan keluarga dan P2M, khususnya Imunisasi, membuat kami hampir putus asa untuk mencari jalan keluar atas permasalahan klasik yang diduga menjadi penyebab munculnya permasalahan tersebut. Permasalah yang tak lain adalah ketiadaan bidan di desa pada beberapa desa yang ada terutama terpencil bahkan sangat terpencil masih menjadi kendala optimalisasi pelayanan kedua program pokok tersebut pada desa bersangkutan. Beberapa upaya telah dilakukan, seperti tugas rangkap desa terhadap bdan di desa terdekat sampai pelayanan Puskesmas Keliling ke desa tersebut. Namun hasilnya belum juga optimal. Upaya lainnya seperti mewajibkan bidan di desa harus tinggal dan bertugas di desa minimal 6 hari dalam seminggu serta kerjasama antar bidan di desa untuk mengatasi pelayanan terutama kelahiran di desa kosong bidan juga belum juga mampu mendongkrak peningkatan cakupan SPM di tahun 2011 kemaren.
Namun, harapan itu ternyata sebentar lagi akan terwujud.Adanya pengangkatan Bidan PTT pusat untuk daerah biasa, terpencil dan sangat terpencil tahun 2012 ini khususnya di Kabupaten Banjar menjadi jawaban atas kegalauan dan kegelisahan kami selama ini. Formasi untuk Kab.Banjar yang tersedia yaitu 3 untuk daerah biasa,27 untuk terpencil dan 5 untuk sangat terpencil semoga menjadi solusi untuk memenuhi kekurangan tenaga bidan di desa di Puskesmas Sungkai selama ini.

Senyum Bidan putra daerah , siap bertugas sebagai bidan PTT di Puskesmas Sungkai....

Terutama lagi adalah putra-putra daerah yang telah terlanjur TKS di Puskesmas serta telah mendapatkan rekomendasi desa kosong dari Kepala Puskesmas telah siap lahir bathin untuk membantu meningkatkan derajat kesehatan warganya. Sangat disayangkan bila akhirnya mereka tidak mampu mendapatkan formasi tersebut. Karena tumpuan kami sudah terlanjur berada di pundak mereka. Kami juga telah mengetahui kinerja mereka.Dan yang pasti mereka telah pula berjanji untuk siap bertugas dan ditempatkan di desa yang telah kami usulkan. Semoga saja harapan mereka tidak jauh dari yang kami harapkan selama ini. Selamat berjuang saudara- saudaraku.

Tentang Muhammad Fakhrurrozie

lubuk hatiku's blog adalah blog yang berisikan sumbang saran dan gagasan tentang kesehatan umum, keperawatan,kedokteran dan pemberdayaan aparatur.Dikelola oleh seorang perawat yang mencoba membuka wawasan sesuai dengan latar belakang keilmuan yang dimiliki,
Pos ini dipublikasikan di BACA SEMUA ISI, Mengenal Kesehatan Masyarakat dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s