PUSKESMAS SUNGKAI DAPAT REKOMENDASI SERTIFIKAT ISO

Tim ISO Puskesmas Sungkai bersama Auditor dari VNZ Indonesia

Setelah melalui pembinaan singkat selama 3 bulan oleh konsultan dari PT Kokek, akhirnya hari ini ( kamis/ 8 Desember 2011 ) Puskesmas Sungkai menjalani pemeriksaan audit Eksternal dari badan sertfikasi VNZ Indobnesia. Openning Meeting dimulai pukul 08.30 wita oleh auditor VNZ Pa Edi nainggolan selama 5 menit untuk menyampaikan maksud dan tujuan audit eksternal. Setelah itu langsung dilanjutkan dengan audit Top Manajemen yaitu Kepala Puskesmas Sungkai Bpk.M.Fakhrurrozie,SKM,MAP selama kurang lebih 15 menit. Beberapa pertanyaan terkait ISO diantaranya tentang kebijakan mutu, sararan mutu sampai Visi dan Misi Puskesmas Sungkai. Setelah itu dilanjutkan dengan audit terhadap Management Representative (MR) yaitu Sdr.Yuli Redawati,SKM, Sangat banyak pertanyaan yang harus dijawab oleh MR terkait dokumen yang harus dikuasai. Audit MR sampai pukul 11.30. Selanjutnya ke Pendaftaran/Loket, Poli gigi,Laboratorium, Poli umum,UGD, KIA,Gizi,Imunisasi, Kusta,diare,TB Paru, Promosi kesehatan, Loogistik, TU,Kesling dan keuangan. Audit eksternal selesai pukul 15.40. Setelah jeda selama 10 menit untuk mengambil kesimpulan, closemeeting dilakukan oleh auditor pukul 16.00 dengan kesimpulan terdapat 2 temuan untuk ditindaklanjuti. Hasil audit eksternal oleh VNZ akhirnya memberikan rekomendasi kepada Puskesmas Sungkai untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 . Tim Iso tanpa sadar bertepuk tangan serta serentak mengucapkan Alhamdulillah, tamda Rasa syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT. Tidak berlebihan kiranya karena dengan segala keterbatasan SDM,Sarana dan prasarana yang minim serta fisik bangunan yang tidak mumpuni ( kecil) , namun semangat perjuangan yang gigih dari TIM ISO Puskesmas Sungkai selama hampir 3 bulan ini justru membuahkan hasil yang tidak sia- sia.Kami merasa bangga sekaligus terharu karena ternyata keterbatasan tersebut justru membuat kami menjadi tertantang untuk membuktikan bahwa kami mampu meraih rekomendasi ISO. Ternyata keterbatasan tidak membuat kami menjadi terbatas dalam segala.
Mudah- mudahan setelah mampu meraih sertifikat ISO nanti, harapan kami adalah Puskesmas Sungkai akan lebih diperhatikan oleh para pengambil kebijakan.kami tidak lagi meangalami kekurangan SDM, terutama bidan di desa dan perawat di Puskesmas serta tenaga administrasi untuk TU. Fisik bangunan akan lebih diperindah dengan pengerasan halaman dan pagar keliling, kami akan mempunyai aula pertemuan dan bangunan UGD yang permanen serta alat- alat kesehatan yang lebih modern dan mutakhir.

Iklan

Tentang Muhammad Fakhrurrozie

lubuk hatiku's blog adalah blog yang berisikan sumbang saran dan gagasan tentang kesehatan umum, keperawatan,kedokteran dan pemberdayaan aparatur.Dikelola oleh seorang perawat yang mencoba membuka wawasan sesuai dengan latar belakang keilmuan yang dimiliki,
Pos ini dipublikasikan di BACA SEMUA ISI, PELAYANAN PUSKESMAS SUNGKAI dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s