Temuan BPK : Pengelolaan Obat di Puskesmas di Kabupaten Banjar tidak wajar

Sekda Banjar saat memimpin Rakontek Ka Puskesmas se Kab.Banjar

Ada sesuatu yang berbeda saat Rapat Konsultasi teknis Kepala Puskesmas se Kab. Banjar di Aula guest house Sultan Sulaiman Martapura Senin 17 Oktober 2011. Sekda Ir.Nasrun Syah,MP banjar berkenan hadir. Selain dalam rangka pencanangan Imunisasi Tambahan Campak dan Polio, beliau ternyata menindaklanjuti temuan BPKtentang pengelolaan obat di beberapa Puskesmas di Kab.Banjar.
Hasil temuan BPK menyatakan ada ketidakwajaran dalam hal pengelolaan obat pada semua Puskesmas di Kab.Banjar. Memang serasa tidak adil karena pada beberapa Puskesmas ternyata ada yang sudah memenuhi standar, namun tidak menjadi obyek audit BPK saat pemeriksaannya. Salah satunya adalah Puskesmas Sungkai,Kami merasa telah memenuhi standar yang berlaku, seperti adanya kartu stok, gudang obat yang terpisah dengan pelayanan obat, ruang tersendiri untuk ruang obat, laporan distribusi obat tiap bulan yang terpantau dan tepat waktu, pengawasan yang kontinyu oleh Pimpinan serta adanya tenaga pengelola obat seperti apoteker dan asisten apoteker.
Apa yang disebutkan diatas merupakan hasil temuan pada beberapa Puskesmas sampel menjadi temuan ketidakwajaran tersebut.
Untuk menindaklanjuti hasil temuan tersebut, Sekda berjanji akan melakukan beberapa kebijaksanaan diantaranya akan mengadakan pertemuan dengan semua petugas pengelola obat bulan depan, penataan dan pemerataan tenaga asisten apoteker pada semua Puskesmas serta pengaturan arus distribusi obat pada Dinkes dan Gudang Farmasi.Kita berharap terobosan tersebut nantinya akan dapat memberikan oerubahan ke arah yang lebih baik kedepannya.( rozie)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di BACA SEMUA ISI dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s