Hari libur, tugas lapangan tetap jalan

Pada saat hari ini banyak kantor atau Puskemas tutup pelayanan karena dinyatakannya hari Senin sebagai cuti bersama Waisak, maka kami tetap konsisten untuk menjalankan amanah tetap memberikan pelayanan kesehatan ke daerah terpencil sesuai rencana yang tertuang pada POA BOK tahun 2011. Sesuai jadual, hari ini kami melakukan kegiatan Puskesmas keliling sekaligus Posyandu ke desa Loktanah, kecmatan Telaga Bauntung.
Pukul 08.30 kami serombongan di driver langsung oleh Kepala Puskesmas Sungkai M.Fakhrurrozie,SKM,MAP meluncur ke lokasi.Rombongan terdiri dari dr.Delia,Dgr.Padmi, Zaleha,Pa.Fahmi, Bidan Riris dan Aar serta Yunita berangkat setelah terlebih dahulu “mengatur” rekan kerja yang tetap melakukan pelayanan di Puskesmas, terutama di Poli umum dan KIA.
Perjalanan menuju lokasi memakan waktu hampir 3 jam karena kondisi jalan yang sulit dan rusak berat.

Drg.Padmi saat melakukan pemeriksaan gigi seorang warga

Tepat pukul 11.00 kami sampai ke lokasi dan langsung melakukan pelayanan. Tempat pelayanan berada di Balai Posyandu yang sangat bagus , merupakan bangunan hasil PNPM Mandiri perdesaan tahun 2010. Kami tak mengira, ada bangunan balai Posyandu semewah itu, aplagi di daerah terpencil seperti Lokanah. Kami terharu, warga loktanah ternyata sangat mempedulikan kesehatan warganya. Sayangnya, sosok bidan desa yang mereka harapkan selama ini setelah hampir 8 tahun kosong, belum datang juga. Rupanya kejadian serupa seperti desa Telaga Baru yang sebeleumnya juga tidak mempunyai bidan desa namun disediakan fasilitas kesehatan yang cukup mewah terulang lagi. Kami sangat berharap suatu saat nanti pemerintah daerah bisa menempatkan seorang bidan di desa ini . Selama ini selaku Instansi yang bertanggung jawab masalah kesehatan kami terus berupaya untuk mengajukan permohnan ke Dinas Kesehatan terkait masalah ketenagaan, teruatama bidan desa.
Kegiatan Posyandu dan Pusling akhirnya selesai sekitar pukul 14.00. Setelah dijamu makan siang oelh Pembakal, kami akhirnya pamit untuk melanjutkan perjalanan pulang. Kembali kami berjibaku dan offroad melintasi jalan terjal dan berbatu di derah pegunungan. Alhamdulilah, perjalanan kami untuk menjalankan amanah dan tugas hari ini kami selesaikan dengan rasa puas dan syukur kerena selamat sampai kembali ke Puskesmas sekitar pukul 16.30.

Pos ini dipublikasikan di BACA SEMUA ISI, KEGIATAN LUAR GEDUNG dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s