BKKBN luncurkan kontrasepsi untuk pria

Alat kontrasepsi pria jenis vasektomi jumlah pemintanya tidak begitu signifikan dibandingkan alat kontrasepsi lainnya. Hal itu disebabkan, adanya pandangan salah persepsi dari kalangan masyarakat bahwa jika menggunakan Alkon vaksektomi dapat menyebabkan penis pria tidak bisa berdiri. Padahal, pandangan yang negatif itu tidak dapat dibenarkan.
Kepala Bidang Keluarga Berencana BKKBN Jatim Kustiyah Wardhani SS, di Surabaya, Rabu (2/3) mengatakan, rencananya akhir tahun ini varian baru kontrasepsi untuk laki-laki itu segera di-launching. “Pilihan alat kontrasepsi untuk laki-laki bertambah, dulu kan hanya kondom dan vasektomi,” ujarnya.
Dia menjelaskan, Pil dan suntik ini dibuat dengan menggunakan ekstrak tanaman gandarusa. Ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Universitas Airlangga (Unair), pil itu bisa mengurangi kualitas sperma jika digunakan secara teratur. “Dua alat kontrasepsi tersebut mudah diterima pria, sebab, pil dan suntik sudah cukup familier di kalangan masyarakat,” tuturnya.
Kustiyah menambahkan, sekarang ini, pembuatan pil dan suntik dengan ekstrak gandarusa sedang menjalani uji klinis kedua. Cakupan wilayah uji klinis saat ini lebih luas, tentunya, uji Klinis tersebut berbeda dengan uji klinis pertama yang hanya mencakup wilayah Surabaya. “Uji klinis yang luas ini mencakup Mojokerto, Gresik, Surabaya, Lamongan, Sidoarjo dan Jombang. Akan tetapi, Pil dan suntik ini akan diproduksi secara nasional,” paparnya.
Lebih lanjut Kustiyah mengatakan, mengetahui dampak efek samping dari penggunaan Alkon untuk pria jenis suktik dan pil ini, pihak BKKBN Jatim belum bisa memastikan secara pasti. Ini dikarenakan, jenis KB baru ini belum digunakan secara langsung ke masyarakat. Meski begitu, jika mengetahui efek samping Alkon untuk wanita jenis pil atau suntik sudah dapat mengetahui dampak efek samping dari penggunaan Alkon ini.
Teknis penyebaran KB pria suntik dan pil ini, kata Kustiyah, akan dikoordinasi secara langsung oleh BKKBN pusat, kemudian akan disebarkan ke seluruh provinsi di Indonesia.”Kami saat ini terus berkoordinasi langsung pusat, kapan KB pria baru ini sudah mulai disebarkan,” imbuhnya

Iklan
Pos ini dipublikasikan di BACA SEMUA ISI. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s