7 (tujuh) fakta tentang Puskesmas Sungkai

Tahukah anda bahwa ada beberapa fakta yang seharusnya kita ketahui tentang Puskesmas Sungkai. Berikut ini adalah 7  (tujuh ) fakta yang wajib kita ketahui, yaitu :

1. Karyawan

Sampai ini, karyawan terlama masih dipegang oleh Muhammad Fahmi yang sejak tahun 1988 telah ditempatkan di Puskesmas Sungkai. Kalau dihitung sampai sekarang, beliau telah bekerja selama 22 tahun. Karyawan tersingkat adalah Intan,A.Md yang karena kepentingan dinas akhirnya di nota dinaskan ke Puskesmas Sei.Rangas. Masa kerja yang bersangkutan hanya 8 bulan.

2. Status Puskesmas

Puskesmas sungkai adalah Puskesmas UGD 24 jam pertama di Kabupaten Banjar.  Sebelum program pelayanan kesehatan dasar bersubsidi 24 jam diluncurkan sekitar tahun 2009, 2 tahun sebelumnya Puskesmas Sungkai sudah menjalankan pelayanan 24 jam.

Pada awal pendiriannya sekitar tahun 78, semula merupakan Puskesmas Pembantu dari Puskesmas Simpang Empat.Saat ini Puskesmas Sungkai mengelola    7  Puskesmas Pembantu dan 1 Balai Pengobatan Trasmigrasi

3. Pimpinan  Puskesmas

Puskesmas Sungkai pernah dipimpin oleh Perawat senior ( Pa Suparno ), dokter PNS dr.H.Hardi Basuki , dokter PTT ( dr.Yin Nani, dr.Hendra Agus S) .Saat ini, Kepala puskesmas dipegang oleh Muh.Fakhrurrozie,SKM,MAP. Merupakan pejabat structural pertama yang dinobatkan sebagai Kepala UPT Puskesmas Sungkai dan orang kesehatan  pertama mempunyai latar belakang pendidikan S2 ilmu administrasi di Kab.Banjar.

4. Website Puskesmas

Sampai saat ini, Website Puskesmas Sungkai telah dikunjungi sebanyak kurang lebih 70.000  orang sejak eksis pada tahun 2009 yang lalu. Website Puskesmas Sungkai merupakan yang kedua di Kab.Banjar yang diluncurkan Puskesmas setelah Website Puskesmas Simpang Empat. Website Puskesmas Sungkai diluncurkan atas gagasan Kepala Puskesmas Sungkai saat ini yang ternyata mempunyai bakat sebagai blogger. Isi situs hampir 98 % diisi oleh Muh.Fakhrurrozie yang bertindak sekaligus sebagai wartawan dan Pemred.

5. Beban kerja karyawan

Karena keterbatasan SDM, saat ini beban kerja karyawan menjadi tidak seimbang. Karyawan yang mempunyai beban kerja terbanyak adalah Yuli Redawati,SKM  dengan rincian ; Petugas kesling / Sanitarian, bendahara jamkesmas, pelaksana kepala TU, pengelola kesehatan kerja, kepegawaian. Ternayak kedua adalah Kamarullah,S.Kep dengan rincian : petugas kusta, surveilan, diare, Pustu Garis dan Promosi kesehatan.

6. Wilayah Kerja.

Puskesmas Sungkai saat ini menjadi satu- satunya Puskesmas di Kab. Banjar yang membawahi wilayah kerja dalam 2 kecamatan, yaitu Kec.Simpang Empat  10 desa ) dan Kec. Telaga Bauntung  ( 4 desa )

7. Prestasi

Walau Puskesmas Sungkai merupakan Puskesmas Pedesaan, ternyata pernah menjadi Puskesmas dengan Kinerja pelayanan kesehatan terbaik I tahun 2003 dan terbaik II tahun 2007. Karyawan Puskesmas yang pernah menjadi teladan adalah : dokter teladan ; dr Hardi Basuki, dr.Lukas,dr.Hendra , dr. Fathurrahman dan drg.Ely Muflihah. Perawat teladan : Suparno, M.Fakhrurrozie dan Gt.Shafwan. Bidan Teladan : Khairda Anami dan Satinem. Pernah beprestasi dalam lomba balita sehat  sebagai juara I atas nama Iyan Maulana serta sekolah sehat untuk SDN Paku terbaik III kab.Banjar tahun 2007.

Puskesmas Sungkai tampak depan

Iklan
Pos ini dipublikasikan di BACA SEMUA ISI, Serba Serbi dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s