Mutasi lagi…ya sudahlah

Siang kemaren sekitar pukul 10.00 wita saya menerima SMS konfirmasi dari salah satu Kepala Puskesmas yang mempertanyakan perihal kepindahan salah satu perawat kami yang masih berstatus CPNS ke Puskesmasnya. Tentu saja saya kaget karena sepengetahuan kami tak pernah satu kalipun yang bersangkutan mengajukan permohonan diri untuk mutasi ke Puskesmas lain. Selain itu, kamipun juga belum pernah mengeluarkan surat yang mengijinkan yang bersangkuatan untuk pindah karena memang belum ada permintaan. Mungkin yang bersangkutan masih menyadari status kepegawaiannya masih CPNS terhitung Januari 2010 yang lalu. Selain itu , selaku Pimpinan juga selalu mengingatkan kepada seluruh karyawan pada setiap minilokarya untuk selalu memegah teguh komitmen profesi dan janji serta sumpah PNS yang bersedia ditempatkan di mana saja ( termasuk di Puskesmas Sungkai)
Selama ini, kami menilai yang bersangkutan telah mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab yang di amanahkan sebagai CPNS profesi perawat dengan baik penuh tanggung jawab. Terbukti bahwa yang bersangkutan selalu hadir tepat waktu dan mampu menyelesaikan tugas-tugas sesuai perencanaan yang ditetapkan. Yang bersangkutan juga kami nilai mempunyai kepribadian yang baik, mampu berkomunikasi dan bersosialisasi antar sesama rekan kerja tanpa pernah tejadi konflik. Kami juga telah mengembankan amanah kepada yang bersangkutan sesuai dengan Tupoksi-nya sebagai perawat, tidak melebihi dari itu. Seandainya yag bersangkutan menilai terlalu banyak tugas, terlalu berat beban kerja atau terlalu beresiko pekerjaan yang di pikulkan, itulah tanggung jawab profesi yang memang seharusnya telah disadari sejak awal yang bersangkutan menceburkan diri ke dunia perawat, bukan saat ini pada saat status CPNS dengan bangg telah diraih.
Sebagai gambaran, faktor ketenagaan saat ini di Puskesmas Sungkai jauh dari ratio yang diinginkan. Jumlah aparatur yang mutasi dan dimutasikan melebihi jumlah yang masuk. Selama tahun 2009-2010 sejak kepemimpinan Kadinkes yang lama, jumlah perawat dan bidan kami yang mutasi sebanyak 9 orang. Secara rinci adalah :
1. Dina Rusdiana ( Perawat ) ke PKM Pasayangan
2. Ahmad Sarbini ( Apoteker ) ke Gudang Farmasi
3. Endah widyastuti ( Bidn ) ke RSUD ratu Zaleha
4. Hj.Hennny Anderiani ( Bidan) Ke RSUD Ratu Zaleha
5. Dewi ariaty (Bidan ) ke PKM Tatah Pemangkih Laut
6. Satinem ( Bidan ) Ke RSUD Ratu Zaleha
7. H.Alpiannur( Perawat) ke PKM Gambut
8. Muh.Asri ( Perawat) ke Kab.Batola
9. Intan ( Perawat ) Ke PKM Sei rangas
Dengan kepindahan begitu banyak aparatur dalam waktu yang relatif singkat tentu saja berdampak terhadap kinerja pelayanan publik yang sudah melekat pada kami selaku pemberi pelayanan jasa yang selalu siap dan siaga dalam menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab.
Keberadaan UGD dan PONED 24 jam yang telah menyita banyak perhatian untuk tetap menjalankannya dengan penuh tanggung jawab cukup membuat kami “kesulitan” dalam mengatur jadual petugas setiap harinya. Namun sebagai konsekuensi pengabdian dan perhatian kami terhadap upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat, semua itu dengan ikhlash dan ridho tetap kami jalankan. Terkadang perlu waktu ekstra sebagai Pimpinan untuk selalu turut memperhatikannya, tidak peduli jam tugas, diluar jam tugas bahkan malam dan liburpun selalu dalam pengawasan. Pengalaman beberapa kali konflik dengan warga menjadikan teladan yang selalu diingat. Untuk itu, sebagai bentuk tanggung jawab selaku pimpinan juga harus selalu mengalah dan bersabar serta berada didepan bila ditemukan kendala, apapun resikonya.
Pada akhirnya, sebagai wujud keimanan kami yang selalu tunduk dan patuh atas segala perintah dan keputusan yang telah ditetapkan-Nya, dengan lapang dada dan ikhlash kami terima segala apa yang ditakdirkan-Nya terhadap Puskesmas kami. Teriring pula doa kami kepada-Nya agar kami selalu mendapat perlindungan dari segala tindakan dan upaya yang dapat menghalangi kami untuk selalu berjalan sesuai Titah-Nya dan kami yang ikhlash menjalankan keputusan-Nya ini selalu mendapat taufik dan hidayah atas segala yang mampu kami jalankan. Amin

Tentang Muhammad Fakhrurrozie

lubuk hatiku's blog adalah blog yang berisikan sumbang saran dan gagasan tentang kesehatan umum, keperawatan,kedokteran dan pemberdayaan aparatur.Dikelola oleh seorang perawat yang mencoba membuka wawasan sesuai dengan latar belakang keilmuan yang dimiliki,
Pos ini dipublikasikan di Alumni Puskesmas Sungkai, MANAJEMEN KINERJA PUSKESMAS SUNGKAI dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s