Pengaruh Motivasi ,Semangat Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Bidan Desa di Kabupaten Banjar.

Muhammad Fakhrurrozie,AMK,AKM,M.AP (2010), Pengaruh Motivasi ,Semangat Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Bidan Desa di Kabupaten Banjar. Tesis Program Pasca Sarjana , Magister Administrasi Publik (MAP) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bina Banua Banjarmasin. Pembimbing I. DR. H.Isra. Pembimbing II.Drs.Singgih Priono, M.Si. Banjarmasin, 169 halaman.

Kata Kunci : Motivasi, Semangat Kerja, Komitmen Organisasi, Kinerja

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran motivasi, semangat kerja, komitmen organisasi dan kinerja bidan desa di Kabupaten Banjar, mendeskripsikan pengaruh motivasi, semangat kerja, komitmen organisasi, motivasi dan semangat kerja, motivasi dan komitmen organisasi, semangat kerja dan komitmen organisasi, motivasi, semangat kerja dan komitmen organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja bidan desa di Kabupaten Banjar dan mengetahui kontribusi yang paling dominan antara motivasi, semangat kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja bidan di desa di Kabupaten Banjar.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian penjelasan (explanatory) atau deskriptif. Individu sebagai unit analisis adalah para bidan desa dengan status pegawai negeri sipil masa kerja minimal dua tahun. Tehnik cluster random sampling digunakan dalam penelitian ini dan kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data dari 88 orang bidan desa yang bertugas di desa pada empat Puskesmas daerah biasa dan lima Puskesmas daerah terpencil di tujuh kecamatan di Kabupaten Banjar. Tehnik analisis yang digunakan adalah korelasi sederhana dan regresi ganda dengan bantuan software SPSS versi 10.

Hasil penelitian menggambarkan bahwa bidan desa mempunyai motivasi tinggi (69,3 %), semangat kerja tinggi ( 60,3%), komitmen organisasi tinggi (69,3 %) dan kinerja tinggi (75 %). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi, semangat kerja dan komitmen organisasi masing- masing terhadap kinerja bidan desa , terdapat pengaruh yang signifikan motivasi dan semangat kerja, motivasi dan komitmen organisasi, semangat kerja dan komitmen organisasi, motivasi, semangat kerja dan komitmen organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja bidan desa. Faktor yang lebih dominan terhadap kinerja bidan desa adalah komitmen organisasi. Motivasi, semangat kerja dan komitmen organisasi memberikan kontribusi sebesar 29,7 % terhadap kinerja bidan desa di Kabupaten Banjar, ini berarti masih terdapat 70,3 % kontribusi terhadap kinerja oleh faktor- faktor lain.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh yang signifikan motivasi, semangat kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja bidan desa. Kami menyarankan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar untuk terus meningkatkan motivasi dan semangat kerja bidan desa melalui pemberian reward dalam bentuk peningkatan karier dan punishment dalam bentuk pemindahan tempat tugas, bantuan biaya pendidikan, pemberian tunjangan daerah berdasarkan kriteria daerah tempat tugas, adanya kebijakan tentang komitmen bahwa bidan desa harus bertugas minimal lima tahun pada satu desa dan memberikan perintah kepada bidan desa untuk terus meningkatkan motivasi dan semangat kerja dalam melaksanakan peran dan tugasnya sebagai bidan desa dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan keluarga dan masyarakat secara optimal.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di BACA SEMUA ISI dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s