LAPORAN KAMPANYE PENYADARAN MASYARAKAT DAN IDENTIFIKASI KEBUTUHAN SANITASI DESA BERKAT MULYA

1. Latar  Belakang

Masalah kesehatan adalah suatu masalah yang sangat kompleks, yang saling berkaitan dengan masalah-masalah lain di luar kesehatan itu sendiri. Buruknya sanitasi lingkungan disebut buruknya  sanitasi lingkungan disebut-sebut sebagai salah satu penyebab terjadinya banjir di desa  Berkat Mulya beberapa waktu yang lalu, tercemarnya lingkungan dan sumber air minum yang masyarakat konsumsi sehari-hari, persoalan sampah, SPAL (Saluran Pembuangan Air Limbah) keluarga dan kebiasaan buang air besar (BAB) di sembarang tempat masih menjadi permasalah di desa tersebut.

Adanya angka diere di desa Berkat Mulya dalam laporan setiap bulannya juga menjadi pertimbangan bahwa di desa Berkat Mulya sanitasi lingkungn masih rendah sehingga dapat menyebabkan terjadinya berbagai macam wabah penyakit yang membahayakan seperti muntaber dan polio yang sampai saat ini penyakitnya belum bisa disembuhkan yang dapat ditularkan lewat kotoran manusia yang dibuang di sembarang tempat.

Jamban merupakan sanitasi dasar penting yang harus dimiliki setiap masyakat, sebenarnya, masyarakat sadar dan mengerti arti pentingnya mempunyai jamban sendiri di rumah. Alasan utama yang selalu diungkapkan masyarakat mengapa sampai saat ini belum memiliki jamban keluarga adalah tidak atau belum mempunyai uang.

2. Kondisi Desa  Berkat Mulya

Desa Berkat Mulya mempunyai 3 RT dalam wilayah Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Banjar. Sebagian desa Berkat Mulya mata pencahariannya adalah adalah buruh tani. Hampir seluruhmasyarakay desa Berkat Mulya 99% tidak memiliki jamban Keluarga dan membuang kotoran ke sungai karena kondisi alamnya yang berada di daerah pinggiran sungai.

3. Sarana Kesehatan Lingkungan

Desa  Baerkat Mulia  mempunyai  data awal yaitu :

Jumlah penduduk                                         : 1359 Jiwa

Jumlah KK                                                         : 207 KK

Jumlah Rumah                                                : 196 Rumah

Jumlah RT                                                         : 3 RT

Jumlah Sekolah                                              : 2 Buah (SDN Paku  dan Madrasah Ibtidaiyah)

Jumlah KK yang punya Jamban                : 5 KK

Jumlah KK yang punya Jamban sehat    : 5 KK

Jumlah BABS                                                    : 191 KK

4. Tujuan

1. Tujuan umum

Masyarakat dapat melakukan analisa masalah dan potensi, perencanaan, monitoring dan evaluasi pemamfaatan dan perawatan serta pengembangan/reflikasi sehingga dapat memberikan pengaruh kesemua orang  di dalam kelompok masyarakat itu sendiri demi perubahan perilaku di dalam masyarakat dalam meningkatnya kebutuhan untuk menggunakan sarana sanitasi serta perubahan perilaku hygiene lainnya.

2. Tujuan khusus

a. Masyarakat tidak buang air besar (BAB di sembarang tempat)

b. Menggunakan jaman yang sehatuntuk buang air besar

c. Mencuci tangan dengan sabun sebelum menjamah makanan (sebelum dan meyiapkan makanan), setelah BAB dan setelah membersihkan kotoran bayi

d. Merawat dan memelihara jamban agar tetap berfungsi dan bersih

3. Sasaran

Seluruh masyarakat yang ada di wilayah Berkat Mulia  yang tidak mempunyai jamban keluarga

PELAKSANAAN DAN HASIL KEGIATAN

1. Pelaksanaan kegiatan

Berdasarkan hasil kesepakatan dengan masyarakat desa  Berkat Mulia  kegiatan Kampanye penyadaran masyrakat dan identifikasi kebutuhan sanitasi dilaksanakan pada:

Hari                        : Jum’at

Tanggal                 : 11 September 2010

Jam                        : 09.00 Wita (pagi)

Tempat                 : Di rumah ketua RT.03

Pelaksana            : Muhammad Fakhrurrozie,SKM Kepala Puskesmas Sungkai,

Yuli Redawati,SKM Sanitarian, Nina Fatmawati Sanitarian dan Mogie Lestari  Bidan di Desa serta Fasilitator dari PAMSIMAS

Peserta                 : Seluruh masyarakat Desa Berkat Mulia  khususnya RT.03

2. Hasil Kegiatan

Berdasarkan hasil kampanye penyadaran masyarakat dan identifikasi kebutuhan sanitasi yang dilaksanakan di Desa Berkat Mulia Kecamatan Simpang Empat menyatakan bahwa :

  1. Jumlah peserta yang datang 25 orang ( daftar hadir terlampir ).
  2. Jumlah fasilitator 4 orang dan co fasilitator 3 orang.
  3. Proses pelaksanaan kampanye penyadaran masyarakat dan identifikasi kebutuhan sanitasi sesuai dengan ketentuan –ketentuan dalam pedoman pelaksanaan kampanye penyadaran masyarakat dan identifikasi kebutuhan sanitasi  di tingkat masyarakat yaitu :
    1. Perkenalan dan penyampaian tujuan
    2. Bina suasana ( Pencairan suasana dengan cara senam tangan )
    3. Analisa partisipasif dan kampanye

4.  Pemetaan

5.   Alur kontaminasi dan elemen yang dipicu rasa malu dan harga diri    Telah terbentuknya komita / relawan sanitasi / natural leader STBM  oleh ketua RT.03 Bapak Abdul Kadir

PENUTUP

1. Kesimpulan

Pada prinsipnya kegiatan kampanye penyadaran masyarakat dan identifikasi kebutuhan sanitasi di Desa berkat Mulia  berjalan lancer sesuai dengan jadwal yang ditentukan dan berhasil sesuai dengan harapan yaitu telah terbentuknya kesadaran masyarakat  dan adanya kontrak kesepakatan masyarakat untuk membuat jamban keluarga.

2. Saran

Masih ada hambatan yang ditemui dalam pelaksanaan kampanye penyadaran masyarakat dan identifikasi kebutuhan sanitasi  di Desa  Berkat Mulia   yaitu :

  1. Hampir 24 %  masyarakat Desa Berkat mulia  tidak mempunyai jamban keluarga yang sehat.
  2. Kurangnya pemahaman masyarakat tentang arti kesehatan sehingga kampanye penyadaran masyarakat dan identifikasi kebutuhan sanitasi  harus dilakukan tidak hanya sekali dan terus menerus dilakukan kontak / komunikasi masalah kesehatan dengan masyarakat.
  3. Masalah ekonomi juga menjadi kendala dalam kelanjutan kegiatan kampanye penyadaran masyarakat dan identifikasi kebutuhan sanitasi  ini karena masyarakat miskin tidak memikirkan tentang pencemaran lingkungan akan tetapi memikirkan cara mencari sesuap nasi.
  4. Kondisi alam yang berada di pinggiran sungai juga menjadi factor penghambat dalam kelanjutan kegiatan kampanye penyadaran masyarakat dan identifikasi kebutuhan sanitasi  ini.

Sungkai,   September 2010

Iklan
Pos ini dipublikasikan di KEGIATAN LUAR GEDUNG dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s