Ibu Bupati Hadiri kegiatan AMP Kab.Banjar

Ibu Bupati didampingi ibu Kajari saat menghadiri kegiatan AMP

Hari Kamis Tanggal 8 April 2010 bertempat di Aula Mahligai Sultan Adam, Dinas Kesehatan Kab.Banjar mengadakan kegiatan pertemuan Audit Maternal Perinatal (AMP). Kegiatan AMP kali ini sangat berbeda dengan kegiatan AMP-AMP sebelumnya yang pernah diadakan dinas kesehatan Kab.Banjar. Disamping yang terutama adalah menampilkan 3 kasus kematian bayi ( perinatal ) dan 3 kasus kematian ibi hamil ( Maternal), kegiatan kali ini dihadiri secara penuh oleh Ibu Bupati Banjar ( ibu Hj.Raudatul Jannah) dan ibu Kejari Banjar yang juga seorang bidan ( Ibu Rusmasari Marisa,SKM). Juga dihadiri oleh  Kepala Dinas Kesehatan Kab.Banjar beserta jajarannya dan seluruh Kepala Puskesmas dan bidan koordinator se-Kab.Banjar. Sebagai narasumber adalah dr.Samuel Tobing,Sp.OG, dr.Bimantara Sp.Og dan dr.Lina,Sp.A.

 

Enam Puskesmas yang tampil saat itu adalah Puskesmas Pasayangan dengan topic kematian Maternal, Puskesmas Martapura dengan kematian Perinatal, Puskesmas Kertak Hanyar dengan kematian Maternal, Puskesmas Sungai rangas dengan kematian maternal dan perinatal, Puskesmas Bawahan Selan dengan kesakitan perinatal (TN) dan Puskesmas Sungai Pinang dengan kesakitan Maternal.

Satu hal yang menarik dari penampilan  mereka adalah bahwa mereka adalah Puskesmas daerah perkotaan, kecuali Bawahan selan dan Sungai Pinang. lainnya juga terlihat masih lemahnya  kinerja bidan desa sehingga beberapa kasus kematian justru terjadi karena pertolongan persalinan oleh Dukun Kampung, padahal justru berada di daerah perkotaan. Ibu Bupati saat itu juga sangat menyayangkan terjadinya beberapa kasus kematian di daerah perkotaan tersebut, bahkan satu kasus kematian ibu hamil justru berada di wilayah tempat tinggal beliau.

Sebagai kesimpulan adalah masih rendahnya koordinasi lintas sektor yang dilakukan oleh para bidan desa yang menyebabkan lalainya penanganan kasus emergensi meternal serta masih kurangnya Promosi Kesehatan Keluarga yang terkait dengan pertolongan persalinan dan perawatan neonatal yang aman dan adekuat.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di BACA SEMUA ISI, Mengenal Kesehatan Masyarakat. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s