5 cara menjadi pemimpin yang bijak

Ada beberapa gaya kepemimpinan yang dapat dijalankan untuk memimpin sebuah organisasi, terutama organisasi pelayanan publik. Organisasi pelayanan publik yang merupakan organsasi non profit, selama ini cenderung banyak dipersalahkan karena lemahnya aturan main dan tata kelola yang dijalankan. Padahal di era repormasi birokrasi ini, organisasi publik sudah saatnya berbenah diri.

Sebuah organisasi tentu saja dipimpin oleh seorang pemimpin. Banyak istilah yang menyatakan jabatan pemimpin organisasi misalnya yang lazim adalah Kepala, Direktur, Komandan atau panglima. Semuanya sama saja dalam arti jabatan mereka sebagai pemimpin.Namun tahukah anda bagaimana kita dapat menjadi seorang pemimpin yang bijak. Berikut ini kami coba paparkan beberapa tips bagaimana cara menjadi pemimpin yang bijak

1. Jangan selalu minta dihormati, sebaliknya andalah yang seharusnya menghormati karyawan

Pembauran yang harus terjadi saat seorang pemimpin berada di tengah masyarakat Walapun kita sebagai pemimpin, tidak selalu kita harus menunjukkan sikap untuk selalu dihormati tau dihargai. Sikap gila hormat justru menjadikan kita tampak bodoh di depan karyawan. Karyawan akhirnya menghormati kita justru karena tidak mau ambil pusing berurusan dengan kita, kalau perlu mereka malah menghindari kita. Sikap minta dihormati hanya dapat ditanamkan pada saat kita harus mengambil suatu sikap atau keputusan . Sebaliknya, kita yang harus menghormati karyawan terlebih dulu sebelum kita minta dihormati juga. Sapalah karyawan pada setiap bertemu, kalau perlu tanyakan juga kabarnya hari itu, baik tentang dirinya atau keluarganya. Ada saatnya juga kita harus  mencuri dengar tentang keadaan dan kondisi karyawan. Kemudian kalau bisa berikan juga solusinya bila ada permasalahan. Bila ini yang kita tanamkan pada mereka, mereka pun lambat laun akan menghormati kita. Kita akan selalu dikenang sebagai pemimpin yang baik dan akan menjadi teladan bagi mereka. (bersambung)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di BACA SEMUA ISI, MANAJEMEN KINERJA PUSKESMAS SUNGKAI dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s