RENCANA-RENCANA BARU KADINKES BANJAR YANG BARU

Sebulan sudah Bapak Dr.H.Gt.Rifaniansyah menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar. Sebagai putra asli Martapura,beberapa misi baru dalam rangka perubahan kebijakan arah pembangunan kesehatan di Kabupaten Banjar ke depan mulai disosialisasikan beliau pada beberapa kesempatan. Termasuk pagi tadi ( 15-10-2009) saat beliau memberikan arahan sekaligus membuka acara sinkronisasi data kesehatan tingkat kabupaten Banjar di Aula Dinkes Banjar .

Acara yang dihadiri oleh seluruh Kepala Puskesmas dan pengelola data tersebut dalam rangka penyatuan pendapat beberapa data mutakhir yang diperlukan untuk penyusunan dan pelaporan Puskesmas mendatang. Dalam kesempatan tersebut, Bapak Kepala Dinas Kesehatan yang sebelumnya bertugas lama sebagai Kadinkes Kab.Tanah laut dan sukses membawa kabupaten Tanah laut meraih beberapa penghargaan nasional bidang kesehatan ini, menyampaikan beberapa gagasan baru dan rencana perbaikan arah kebijakan pembangunan kesehatan di Kabupaten Banjar. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ;

Bapak Kadinkes Banjar mencatat beberapa masukan yang disampaikan oleh beberapa Kepala Puskesmas tentang pelaksanaan kegiatan selama ini

Bapak Kadinkes Banjar mencatat beberapa masukan yang disampaikan oleh beberapa Kepala Puskesmas tentang pelaksanaan kegiatan selama ini

1. Perlunya mengevaluasi ulang kebijakan pelaksanan Program Pelayanan Kesehatan Dasar bersubsidi 24 jam. Beberapa hambatan dan kendala yang ditemui saat pelaksanaannya selama ini menjadi bahan masukan untuk  perbaikan kebijakan tersebut di tahun depan. Menurut beliau jangan sampai kebijakan ini justru menjadi bumerang kesuksesan pembagunan kesehatan oleh Pemerintah Daerah.
2. Perlunya “menghargai ” tenaga-tenaga teknis dan profesional yang selama ini bekerja secara sukarela / honorer di banyak Puskesmas untuk diperjuangkan menjadi Pegawai tidak tetap (PTT) daerah bahkan menjadi PNS nantinya.
3. perlunya perubahan arah kebijakan pembangunan kesehatan yang lebih mementingkan terlaksananya program-program kesehatan daripada pembangunan infrastruktur dan pendukungnya yang cenderung tidak efisien.
4. Penataan ulang sistem penempatan dan “reward ” untuk tenaga kesehatan berdasarkan tingkat keahlian dan lokasi tugas dengan lebih memprioritaskan daerah terpencil dan sangat terpencil.
5. pengupayakan pemenuhan tenaga-tenaga kesehatan untuk mengisi pos-pos  penting yang kosong selama ini, terutama Bidan desa ,perawat dan dokter di Puskesmas terpencil.
Selain angin perbaikan dan “change ” tersebut, disampaikan pula bahwa pada tahun depan insya Allah akan ada alokasi mobil Pusling baru untuk semua Puskesmas di Kabupaten Banjar. Menurut beliau sudah disetujui Bupati. Mudah-mudahan saja upaya perbaikan dan perubahan ini mendapat ridho Allah SWT dan kami-kami yang bekerja akan mendapatkan barokah dan limpahan pahala daripadanya. Amin

Iklan
Pos ini dipublikasikan di BACA SEMUA ISI, KEGIATAN LUAR GEDUNG. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s