97 WARGA “MENYERANG” TMMD KE 83

Jangan salah sangka  dulu, penyerangan yang dimaksud tentu saja dalam rangka pengobatan massal yang dilakukan oleh TNI bekerja sama dengan Dinas Kesehatan kab.Banjar yang diwakili oleh Puskesmas Sungkai.

Kepala Puskesmas Sungkai  bersama petugas kesehatan TNI sedang melayani pengobatan warga, total sampai ditutup sebanyak 97 orang.

Kepala Puskesmas Sungkai bersama petugas kesehatan TNI sedang melayani pengobatan warga, total sampai ditutup sebanyak 97 orang.

Acara dalam rangka menyukseskan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 83 tingkat Propinsi ini   dimulai sekitar pukul 10.00 pagi dan  dilaksanakan secara sederhana di Balai Desa Cintapuri. Pembukaan oleh sekretaris desa Cintapuri, Rusliansyah (yang juga seorang guru SD), dilajutkan dengan penyuluhan kesehatan. Penyuluhan kesehatan dilakukan langsung oleh Kepala Puskesmas Sungkai, Muh.Fakhrurrozie,SKM ( satu-satunya wakil dari kesehatan). Dalam ceramahnya, Kepala Puskesmas menekankan pada pentingnya menjaga kesehatan diri dan keluarga dalam rangka pencegahan penyakit menular, terutama diare,TBC paru dan Kusta yang banyak ditemukan di wilayah kerja Puskesmas Sungkai beberapa minggu ini. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sambutan dari wakil kesehatan TNI, yaitu Sertu Kes.Mar Wahyu Utomo yang ternyata mempunyai darah turunan desa Cintapuri. Selesai sambutan, acara langsung dilajutkan dengan pelayanan kesehatan yang dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas Sungkai  yang berlatar belakang perawat ini didampingi oleh 2 orang dari kesehatan TNI. Sampai ditutup sekitar pukul 14.30 wita, total penderita yang dilayani sebanyak 97 orang, mulai dari bayi sampai manula.

Kesibukan petugas saat melayani warga yang berobat

Kesibukan petugas saat melayani warga yang berobat

Kebanyakan keluhan yang didapat adalah nyeri tulang, sendi dan otot serta hipertensi pada manula. Dalam kegiatan ini, obat-obatan merupakan sumbangan dari Puskesmas Sungkai atas nama dinkes Kab.Banjar. Benar-benar serangan yang membuat petugas kewalahan. Tapi tak apalah, demi peningkatan kesehatan warga, kemanunggalan TNI dan Kesehatan pada pelayanan pengobatan  ini merupakan cermin kerjasama dan koordinasi yang patut diteladani.

Pos ini dipublikasikan di BACA SEMUA ISI, KEGIATAN LUAR GEDUNG. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s