HAL-HAL MENGEJUTKAN DAN LUCU SEPUTAR HALAL BIL HALAL JAJARAN KESEHATAN KABUPATEN BANJAR

Hari ini, Kamis tanggal 1 Oktober 2009, saya selaku Kepala Puskesma Sungkai menghadiri acara Halal bihalal jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dengan Bupati Banjar dan unsur Muspida di gedung Mahligai Sultan Adam Martapura. Berangkat dari Sungkai sekitar pukul 09.00 wita karena harus pamit dulu dengan teman-teman yang bertugas,siapa tahu ada titipan surat ke Dinas Kesehatan atau ada yang mesti harus segera ditandatangani. Biasa hal begini saya lakukan mengingat biasanya ada saja teman sekerja yang minta tandatangan segera atau petugas di Poli yang belum datang sehingga harus mengisi Poli dulu mengingat penderita yang sudah menumpuk dan tidak sabar untuk dilayani.Kadang-kadang penderita tidak peduli dengan siapa dia harus diperiksa, yang penting segera dilayani. Walaupun jadwal semestinya adalah dokter, namun kadang mereka telat datang…maklum mungkin sehabis lepas jaga UGD sehingga harus mandi dan makan dulu..atau bisa juga home visite kasus emergensi yang tidak dapat dibawa ke Puskesmas.

Setelah selesai urusan, saya segera meluncur ke Martapura. Tidaklupa..saya juga harus mampir dulu ke Polsek Simpang Empat dan Kantor Camat untuk menyerahkan laporan hasil kegiatan Posko Kesehatan Lebaran  tahun ini. Selanjutnya harus memotokopi SK-SK  NIP karyawan baru 8 digit yang keliru nama dan tanggal lahir. Kekeliruan harus segera diperbaiki tentunya karena mengingat NIP PNS yang baru berdasarkan tanggal,bulan dan tahun lahir,serta tahun dan bulan pengangkatan sebagai PNS. Kekeliruan nama dan waktu kelahiran tentu sangat berpengaruh terhadap NIP. Barulah setelah itu  “aman” sudah urusan dan lancar melaju ke Martapura.

Sesampai di Martapura harus beruruan lagi di kantor Dinkes Banjar. Barulah setelah itu, sekitar pukul 10.30 wita saya beramai-ramai sesama Kepala Puskesmas berangkat menuju Mahligai Sultan Adam yang jaraknya lumayan jauh dari Kantor Dinas Kesehatan. Ssampai di Gedung Mahligai, paparazzi dadakan sudah ramai motret sana sini, termasuk saya. Sambil menunggu acara dimulai, lagi-lagi kami disuruh baris untuk dipotret lagi…gratis nkali. Biasanya setelah acara selesai, wajah-wajah selebritis dadakan ini akan dipamerkan di halaman gedung…malu-malu donk…malu-maluin aje.

Tepat pukul 11.00, acara dimulai dengan pembacaan susunan acara oleh pembawa acara ibu Hj.Mahdalena..kasi kepegawaian kami. Setelah dibacakan susunan acara, acara dilanjutkan dengan pembacaan kalam ilahi Al qur’an al karim. Subhanallah…qori nya ternyata bapak Kepala Dinas Kesehatan yang baru, yaitu dr.H.Gt.Rifaniansyah Waaww…saya pribadi terkagum-kagum,ini contoh teladan yang wajib ditiru. Seorang pemimpin yang tidak saja pandai IPTEK, namun menjunjung tinggi IMTAQ. Suara beliau yang lirih ( walaupun kadang kehabisan nafas…maklum dimakan usia) mampu membuat sunyi senyap seluruh orang yang hadir dalam ruangan itu. Kami harus bangga dengan beliau dan patut mengacungi jempol.

Kepala Dinas Kesehatan Kab.banjar dr.H.Gt.Rifaniansyah saat melantunkan ayat-ayat suci Al qur'an

Kepala Dinas Kesehatan Kab.banjar dr.H.Gt.Rifaniansyah saat melantunkan ayat-ayat suci Al qur'an

Setelah pembacaan kalam ilahi, dilanjutkan saritilawah oleh ibu Hj.Majdalena juga.Barulah acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Oohh lupa…pejabat daerah yang hadir saat itu lengkap. Ada Bupati Banjar,Wakil Bupati, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, Dandim dan Kepala Kejaksaan Negeri serta Ust.KH.Gt.Wardiansyah..ulama muda yang juga anggota DPRD Banjar.

Kepala Dinas Kesehatan dalam sambutannya mengatakan perlunya seluruh petugas kesehatan baik yang bertugas di RS maupun Puskesmas untuk selalu berpegang pada ajaran agama yang benar serta ikhlash dalam setiap melakukan pekerjaan. Pesan beliau juga adalah agar selalu menjalankan tugas secara profesional dan betangung jawab.

Pejabat Muspida yang hadir, tampak saling bercengkrama

Pejabat Muspida yang hadir, tampak saling bercengkrama

Bupati Banjar , H.Gt. Khairul Saleh dalam kata sambutan selanjutnya memohon kepada segenap jajaran kesehatan untuk tetap melanjutkan upaya-uapaya kesehtan yang sudah berjalan baik, terutama pelayanan kesehatan 24 jam bersubsidi. Beliau juga memberikan harapan akan terus meningkatkan upaya-upaya kesehatan yang lebih baik lagi dengan berbagai terobosan baru, diantaranya pengangkatan tenaga kesehatan PTT daerah, khususnya perawat dan bidan untuk mengisi kekosongan tenaga di beberapa Puskesmas terpencil dan pedesaan. Mudah-mudahan Sungkai dapat yaa…!. Ini merupakan terobosan yang lama ditunggu karena umumnya tidak tersedia  PTT Pusat untuk perawat. Anehh juga yaa ?

Acara dilanjutkan dengan ceramah agama oleh KH.Gt.Wardiansyah yang pada intinya menekankan sangat pentingnya peran seorang tenaga profesi keehatan dari pandangan agama Islam. Menurut beliau, petugas kesehatan yang ikhlas dalam melaksanakan tugas-tugasnya sudah pasti dijanjikan surga oleh Allah SWT. Dalam kesempatan itu, beliau juga menyitir beberapa ayat dan hadist yang berkenaan dengan kesehatan dan pengobatan. Selesai ceramah, dilanjukan denagan pembacan doa. Terjadi hal yang menggelikan saat siapa yang harus membaca doa. Walaupun pembawa acara menyatakan pembaca doa adalah wabup banjar yang juga Ulama kharismatik di Kabupaten Banjar ; KH.Khatim Salman,Lc, saat mikropon dipeegang oleh ketua DPRD banjar yang baru H.Rusli utnuk diserahkan ke beliau, beliau menolak secara halus dan menyerahkan lagi ke Ketua DPRD untuk disampaikan kepada Ust.Wardi. Ust.Wardi menolak juga  sehingga sempat saat itu ketua DPRD bingung karena mikropon masih ditangan beliau dan tidak tahu mau diserahkan kemana. Sambil iseng ketua DPRD kemudian mengarahkan mikropon ke mulutnya sehingga membuat hadirin semua tertawa. Barulah setelah itu  ust.Wardi  berkenan membacakan doa selamat. Mungkin beliau sedikit mempunyai perasaan sungkan berhubung wakil Bupati Banjar juga seorang Ulama besar.

Inilah nikmatnya hidup di Kabupaten Banjar..para pemimpinnya mempunyai sikap dan sifat yang meniru pribadi Rasulullah, Ulama dan Umara selalu bergandengan tangan. Mudah-mudahan situasi ini masih tetap berlanjut di bumi BATUAH ini.

Pos ini dipublikasikan di BACA SEMUA ISI, Serba Serbi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s