Inilah laporan hasil Posko Kesehatan Lebaran UGD Sungkai tahun 2009

Salah satu korban yang mengalami patah tulang

Salah satu korban yang mengalami patah tulang

Unit Gawat Darurat Puskesmas Sungkai yang berada persis di Jalan poros utama Kalimantan ( Jln.jenderal A.Yani KM 76 ) sesuai fungsinya untuk menjalankan tugas pelayanan emergensi 24 jam penuh, kembali melakukan kegiatan Posko Kesehatan Lebaran tahun 2009. Kegiatan Posko yang dipusatkan di UGD ini sebenarnya merupakan posko gabungan dari Posko Ketupat Intan 2009 yang untuk wilayah Kecamatan Simpang Empat dipusatkan di Desa Sungkai Baru KM 80. Namun keberadaan UGD dengan fasilitas penunjang yang relatif lengkap serta dukungan  SDM yang ada menjadikan alasan kami untuk  tetap tetap memusatkan pelayanan kesehatan lebaran di UGD Puskesmas Sungkai.

Posko yang mulai diaktifkan ( sebenarnya sih sudah aktif sebagaimana biasanya ) pada tanggal 13 sampai dengan 27 september 2009 ini, selama berlangsungnya telah melayani beberapa kasus kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan arus balik lebaran 2009.Selain itu, sebagai UGD juga melayani kasus-kasus emergensi lainnya dan rawat jalan dikarenakan liburnya Unit Rawat Jalan Puskesmas pasca lebaran. Rincian kasus yang dilayani adalah :
1. Kecelakaan Lau Lintas
a. Patah Tulang Tertutup : 3 orang (Rujuk ke RS)
b. Cedera Kepala sedang : 1 orang (Rujuk Ke RS)
c. Luka robek/lecet : 20 orang
2. Kasus Emegensi lainnya :
a. Luka bacok : 1 orang
b. Gigitan Ular : 2 orang
c. Pre eklampsi : 1 orang
d. Ketuban pecah dini : 1 orang (Rujuk ke RS)
e. Tertusuk paku : 1 orang
f. Diare berat : 1 orang

Perawat H.alpi sedang memberikan pertolongan pada salah satu korban yang mengalami shock

Perawat H.alpi sedang memberikan pertolongan pada salah satu korban yang mengalami shock

Melihat beberapa kasus tersebut diatas, terutama kasus KLL yang terjadi selama dibukanya Posko Kesehatan Lebaran dapat disimpulkan bahwa rata-rata terjadi 1,7 kasus perharinya. Penyebab kecelakaan umumnya adalah faktor kesalahan manusia dimana mereka rata-rata melajukan kendaraan dalam kecepatan tinggi, tergesa-gesa, saling mendahului dan tidak mengetahui situasi jalan yang dilewati. Selama dijalankannya Posko Kesehatan, Puskesmas Sungkai melibatkan seluruh karyawan, terutama dokter, perawat dan bidan, termasuk bidan desa yang dibuatkan jadwal tugas secara bergiliran. Selama bertugas, mereka telah dijamin konsumsi dan uang jasa pelayanan yang diambilkan dari perasional Puskesmas Sungkai tahun 2009 serta PKDG bulan Agustus lalu. Dengan telah dijalankannya pelayanan kesehatan selama lebaran ini, Puskesmas Sungkai berharap kendala berupa terbatasnya sarana mobil ambulan untuk rujukan yang tahun ini dibantu dari Dinas Kesehatan tidak terulang lagi di tahun depan. Hal ini mengingat mobil ambulan yang satu-satunya ada di Puskesmas saat ini sangat vital fungsinya karena selain sebagai sarana rujukan kasus- kasus emergensi juga sebagai fasilitas rujukan kasus-kasus lainnya.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di BACA SEMUA ISI, UNIT GAWAT DARURAT (U.G.D.). Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s