PIL KB ternyata dapat menurunkan resiko kanker pada perempuan ?

Calon Akseptor PIL KB baru sedang menjalani konseling dengan dr.Anggi untuk menentukan kemungkinan adanya kontra indikasi

Calon Akseptor PIL KB baru sedang menjalani konseling dengan dr.Anggi untuk menentukan kemungkinan adanya kontra indikasi

Sekelompok peneliti di University of Aberdeen ( Inggris) melakukan penelitian studi kohort, dengan meneliti resiko absolut atau manfaat pengunaan kontrasepsi oral terhadap kanker. Analisis diadakan secara observasi terhadap 339.000 dan 744.000 usia wanita kelompok non-pengguna dan kelompok yang pernah menggunakan kontrasepsi oral. Hasil yang didapat menyatakan :

  1. Kelompok pengguna mempunyai angka kanker yang bermakna lebih rendah dibandingkan non pengguna, untuk kanker kolon, rektum, korpus uteri, ovarium, tumor yang tidak diketahui asalnya, kombinasi kanker ginekologi dan kanker lainnya.
  2. Resiko relatif setiap kanker pada data observasi dokter umum tidak berkurang secara bermakna.
  3. Lamanya pengunaan kontrasepsi oral berhubungan dengan peningkatan bermakna resiko kanker serviks,Susunan syaraf pusat atau hipopisis, serta penurunan resiko kanker korpus uteri dan ovarium
  4. Secara keseluruhan dari kohort Ingris ini dibuktikan tidak adanya peningkatan resiko kanker akibat pengunaan kontrasepsi oral.
  5. Penelitian ini dilakukan terhadap lebih dari 1 juta usia wanita dan dikumpulkan selama > 36 tahun. Dalam kenyataannya, semua perempuan yang terlibat dalam studi ini telah mengalami masa pasca-menopause dimana pada usia ini banyak ditemui penyakit kanker.
  6. Kesimpulan yang dapat diambil untuk saat ini,manfaat kontrasepsi oral yang berhubungan dengan  kanker melebihi resiko yang ditimbulkannya. (sumber : British Medical Journal 2007:355:651)
Pos ini dipublikasikan di BACA SEMUA ISI, Mengenal Kesehatan Masyarakat. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s