PUASA DAN SAKIT MAAG

Banyak orang selama bulan Puasa ini yang tidak mampu menjalankan kewajibannya dengan alasan maag-nya kambuh. Sebenarnya apa sih sakit maag itu. Maag atau nyeri labung disebabkan oleh peningkatan produksi asam lambung sehingga terjadi iritasi lambung. Kalau luka terkena asam, perih rasanya bukan. demikian pula bila kita menderita penyakit ini. Dalam keadaan berpuasa, perut yang kosong ditambah stress dapat memacu keluarnya asam lambung. Ini yang kadang membuat orang berpuasa tidak mampu menahan nyerinya. Lalu apa saja yang menyebabkan terjadinya penyakit maag ini ?

Penyakit maag dapat disebabkan oleh stress fisik ( setelah pembedahan, penyakit berat, luka bakar ), stress mental, makanan pedas dan asam, minuman beralkohol dan kopi, obat-obatan tertentu yang digunakan dalam jangka waktu lama (obat rematik,anti inflamasi) dan jadwal makan tidak teratur. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit maag ini adalah perih, rasa tidak enak pada ulu hati, mual, kadang-kadang disertai muntah dan perut kembung. untuk mengatasi keluhan tadi, umumnya obat yang digunakan adalah ANTASIDA. Antasida mengandung antara lain Aluminium Hidroksida, magnesium hidroksida. Obat ini bekerja dengan cara menetralkan asam lambung. Antasida dala bentuk cairan kental (suspensi) kerjanya lebih cepat dibandingkan bentuk tablet. Antasida tablet harus dikunyah dulu sebelum ditelan. Sebaiknya Antasida diminum 1 jam sebelum makan. Dalam berpuasa, obat maag dapat dikonsumsi menjelang sahur  dan saat berbuka sehingga saat berpuasa perut kita Insya Allah terasa aman dan lancar beribadah.

Beberapa hal yang harus diperhatikan selama mengkonsumsi obat ini adalah ; jangan menggunakan antasida bersamaan dengan obat lain, beri jarak minimal 1 jam untuk minum obat lain dan selama minum obat ini sebaiknya minum banyak air putih. Obat Antasida banyak dijual bebas di apotik, warung dan toko obat. beberapa nama yang terkenal misalnya Promaag, Milanta, Plantasid, waisan , Sanmag,dan sebagainya.(rozie,ibin,dewi)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di BACA SEMUA ISI, Mengenal Kesehatan Masyarakat, UNIT RAWAT JALAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s