KEWAJIBAN ORANG SAKIT ?….APAAN YAA

Kita tentunya sering melihat orang sakit yang terbaring di RS atau tempat tidurnya. Sebagai orang sakit, mereka tentu mempunyai hak untuk dilayani dan bebas dari segala tanggung jawab sosial yang normal.Karena alasan inilah, kadang kebanyakan orang sering menjadikan sakit sebagai alasan untuk melepaskan tanggung jawab atau masuk kerja. Begitu mudahnya sakit dijadikan alasan bahkan dapat menunda sebuah persidangan, rapat, pertemuan penting bahkan sebuah pernikahan yang sebelumnya sudah mempunyai perencanaan matang dengan biaya yang tak sedikit. Lalu apakah orang sakit hanya mempunyai hak saja. Ternyata tidak, orang sakit juga harus menjalani kewajibannya yaitu kewajiban sebagai orang sakit.Apaan ya.
Kewajiban orang sakit secara umum ada dua, yaitu :
1. Kewajiban untuk sembuh dari penyakitnya
Memperoleh kesembuhan bukanlah hak penderita, tetapi kewajiban penderita. Mengapa? karena manusia diberi kesempurnaan dan kesehatan oleh Tuhan. Secara alamiah manusia itu sehat.Adapun menjadi sakit sebernarnya merupakan kesalahan manusia sendiri.Oleh karenanya, bila jatuh sakit maka ia berkewajiban untuk mengembalikan posisinya kedalam keadaan sehat.jadi jangan enak-enakan saja kalau sakit karena ternyata mempunyai kewajiban untuk sembuh
2. Kewajiban untuk mencari pengakuan, nasihat-nasihat dan kerjasama dengan para ahli dalam hal ini adalah petugas kesehatan yang ada di dalam masyarakat
Kewajiban yang kedua ini penting agar anggota masyarakat yang lain dapat menggantikan posisinya dan melakukan peranan-peranannya selama ia dalam keadaan sakit. Pengakuan ini misalnya dapat diwujudkan dengan pemberian cuti sakit atau izin tidak masuk kerja,baik secara formal dan informal. Pentingnya mencari nasihat dan kerjasama adalah dalam rangka kewajibannya yang pertama, yakni agar memperoleh kesembuhan yang secepat mungkin.
Setelah kita mengetahui kewajiban orang sakit,maka mulai sekarang marilah kita untuk tidak selalu menjadikan sakit sebagai alasan belaka untuk menghindari suatu tanggung jawab. Tidak masuk kerja dengan alasan sakit kalau tidak benar sama saja hakekatnya kita mendoakan lebih dulu agar diri kita terkena penyakit…mauu ? selain itu, semakin lama kita tidak masuk kerja maka semakin menumpuk pula beban kerja yang harus diselesaikan. Bisa jadi jabatan juga akan hilang bila terlalu lama sakit karena kita dinilai orang sudah turun produktivitasnya. Jadi marilah kita berlomba-lomba menjaga kesehatan karena sehat itu mahal, sehat itu indah dan sehat itu rahmat.(rozie dalam Lubukhatiku’s blog.wordpress.com)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Mengenal Kesehatan Masyarakat, Serba Serbi, UNIT RAWAT JALAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s