Penyuluhan Kesehatan Reproduksi dan Dampak Sex bebas pada Remaja di SMPN 2 Simpang Empat

Dalam rangka program peduli kesehatan remaja khususnya pencegahan kenakalan remaja , Puskesmas Sungkai kembali menyambangi Siswa SMPN2 Simpang Empat di Pasar Lama untuk mengadakan penyuluhan tentang kesehatan Reproduksi remaja, dampak sex bebas dan dampak pernikahan usia dini. Acara yang berlangsung kamis, tanggal 19 Mei 2011 kemaren merupakan agenda ke 2 setelah penyuluhan tentang Dampak merokok dan narkoba pada remaja kamis sebelumnya.
Acara penyuluhan dipimpin langsung Kepala Puskesmas Sungkai yang juga sekaligus menyampaikan materi peyuluhan. Penyuluhan pertama tentang Kesehatan Reproduksi remaja oleh dr.delia, dilanjutkan dengan “dampak prilaku sex bebas pada remaja oleh Kepala Puskesmas Sungkai M.Fakhrurrozie,SKM,MAP dan diakhiri dengan dampak pernikahan usia dini oleh dr.delia.
Penyampaian materi dengan bahasa sederhana diselingi candan humor membuat siswa antusias mendengarkan sambil sesekali tertawa saat melihat gambar- gambar yang disajikan pada LCD. Gambar- gambar tentang kesehatan reproduksi, terutama organ kelamin pria atau wanita membuat sebagian siswa tampak malu- malu memprhatikannya. Namun karena perasaan ingin menambah pengetahuan dan disampaikan seara sederhana membuat mereka justru mengajukan beberapa pertanyaan kepada penyaji.

siswa antusias mendengarkan penyuluhan

Acara penyuluhan yang dimulai pukul 10.00 tepat diakhiri sekitar 12.20 wita.Kepala Sekolah SMPN 2 SE menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada sekolah mereka mendapatkan materi penyuluhan yang sangat berharga ini. Kepala sekolah juga memaparkan tentang adanya siswa yang terpaksa melangsungkan pernikahan usia dini karena desakan orangtua dan keterbatasan ekonomi. Dengan adanya upaya penyuluhan ini diharapkan kedepannya siswa mampu memahami dan berpikir tentang masa depan mereka yang masih panjang dan perlu perhatian orangtua.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di BACA SEMUA ISI, KEGIATAN LUAR GEDUNG dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s