INDEX KEPUASAN MASYARAKAT PUSKESMAS SUNGKAI 2008

BAB I

 

PENDAHULUAN

 

 

  1. A.    Latar Belakang

 

          Indeks Kepuasaan Masyarakat (IKM) adalah merupakan salah satu Instrumen untuk mengukur tingkat kinerja masing-masing unit Pelayanan Instansi Pemerintah, juga instrument ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menilai secara obyektif dan priodik terhadap perkembangan kinerja unit pelayanan publik.

          Data indeks yang diperoleh akan menjadi bahan penilaian terhadap unsur-unsur pelayanan yang masih perlu perbaikan dan menjadi pendorong setiap Unit penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan

          Pelaksanaan IKM pada Puskesmas Sungkai merupakan wujud nyata manajemen Puskesmas Sungkai dalam rangka menetapkan kebijakkan peningkatan pelayanan di bidang kesehatan.

  1. B.     Maksud dan Tujuan
  1. Maksud Pelaksanaan

Untuk memperoleh gambaran dan sekaligus mengajak masyarakat utnuk berpartosipasi dalam memberikan penilaian terhadap peleyanan yang telah diberikan oleh Puskesmas Sungkai

  1. Tujuan Pelaksanaan

Untuk mengettahui tingkat kinerja Puskesmas Sungkai secara berkala dan sebagai bahan utnuk menetapkan kebijakkan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya

 

  1. C.    Hasil yang ingin dicapai

           Hasil yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah kajian data yang memuat tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Sungkai kepada masyarakat yang dilaksanakan sampai dengan diketahuinya  nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) , atribut layanan yang dianggap penting oleh masyarakat serta saran-saran masyarakat untuk  perbaikan pelayanan.

           Instrumen IKM yang dipergunakan sesuai dengan Keputudsan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor Kep/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepasaaan Masarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

METODOLOGI PENGUKURAN

 

  1. A.    Ruang Lingkup

Pelaksanaan kegiatan pengukuran IKM dilakanakan pada Puskesmas Snmgkai pada bulan 13  Oktober  sampai  dengan  12 Nopember 2008 terhadap responden yang menjadi pengunjung pada Puskesmas Sungkai, baik pada  Unit Rawat Jalan maupun   Unit Gawat Darurat  (UGD) selama 24 jam

 

  1. B.    

    PERSIAPAN

    Tahapan Kegiatan

 

PENGUMPULAN DATA

PENGOLAHAN  DAN ANALISIS DATA

PENYUSUNAN LAPORAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar I : Tahapan Survei

  1. C.    Persiapan

       Aktivitas yang dilaksanakan pada tahap ini adalah :

  1. Pembahasan  Kuisioner antara Bagian Organisasi Pemerintah Kabupaten Banjar dengan Puskesmas se-Kabupaten Banjar
  2. Kick-off meeting antara Dinas Kesehatan Kabuapten dengan Puskesmas se-Kabupaten Bnajar untuk menyususn jadwal pengumpulan data
  3. Briefing dan role play kepada petugas lapangan untuk memastikan bahwa mereka paham dengan maksud kuisioner dan mengerti cara-cara pengumpulan data yang efektif

 

  1. D.    Pengumpulan Data

          Data yang diperolah da;am kegiatan ini adalah data primer, yaitu data                 yang diperoleh langsung dari responden melalui wawancara tatap muka                                         ( Face to face interviews) dengan menggunakan kuisioner terstruktur. Beberapa kegiatan dapat dilakukan pada tahap ini adalah pembekalan tim pelaksana Survei, pengawasan wawancara,peeriksaan kuisioner yang telah terkumpul, pelaksanaan Back checking kepada 20 % respnden dan proses valisasi kuisioner.

           Pengumpulan data dilakukan memalui survey atau penyebaran kuisioner kepada masayarakat yeng menjadi pelanggan dari instansi pelayanan umum                   tersebut, dengan jumlah responden  adalah 150 ( Seratus Lima Puluh ) orang.                        Kegiatan penyebaran kuisioner telah dilaksanakan mulai tanggal 13 Oktober sampai     12  Nopember 2008

 

Kriteria Responden

Kriteria responden IKM adalah pengunjung atau penderita yang datang meminta atau pernah mendapatakan pelayanan  kesehatan pada Puskesmas Sungkai dalam 1 bulan terakhir minimal satu  jenis pelayanan.

Metode Pemilihan Responden

Responden dipilih secara Simple Random sampling dari semua pengunjung Puskesmas Sungkai yang masuk kriteria responden di tiap unit pelayanan.

 

  1. E.     Pengolahan dan Analiasis Data

      Kuisioner yang telah terisi kemudian dikumpulkan dan diolah secara kuantitatif dengan   menggunakan apilikasi Excel. Proses dan analisa data sesuai petunjuk  dalam KEP.MENPAN Nomor : KEP/25/M.PAN/2/2004, sehingga terstandarisasi secara nasional.

 

  1. F.     Penyusunan Laporan

Semua hasil survey akan di dokumentasikan dalam bentuk laporan.

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

HASIL PENGUKURAN

 

Dari hasil keseluruhan 150  kuisioner yang ada, terdapat 147  yang dapat  terisi dengan baik sehingga dapat diolah dan dianalisis  lebih lanjut. Dari 147 responden yang mengisi data pribadinya dengan lengkap  dan hampir lengkap  sebagai berikut :

 

  1. A.    Data Responden Berdasarkan
  2. 1.      Jenis Kelamin

Jenis Kelamin

Responden

Laki-laki

76

Perempuan

74

Jumlah

150

 

  1. 2.      Usia

Usia

Laki-laki

Perempuan

Jumlah

< 25 Tahun

10

17

27

25-35 tahun

14

22

36

36-45 tahun

16

15

31

> 45  tahun

36

20

56

 Jumlah

76

74

150

 

 

  1. 3.      Pendidikan

Pendidikan

Responden

Tidak sekolah

27

SD/SMP

45

SMTP

37

SMTA

24

Perguruan Tinggi

16

Jumlah

149

 

  1. 4.      Pekerjaan

Pekerjaan

Responden

PNS/TNI

24

Swasta/Pedagang

34

Wiraswasta

15

Pelajar/Mahasiswa

4

Lainnya/Tani/Ibu RT

70

Jumlah

147

 

 

 

 

 

           

  1. B.     Hasil Pengukuran

SK Menpan no 25 tahun 2004 memuat 14 unsur pelayanan yang harus diukur, yaitu :

  1. Prosedur Pelayanan
  2. Pesyaratan Pelayanan
  3. Kejelasan Petugas Pelayanan
  4. Kedisiplinan Petugas Pelayanan
  5. Tanggung Jawab Petugas Pelayanan
  6. Kemampuan Petugas Pelayanan
  7. Kecepatan Pelayanan
  8. Keadilan Mendapatkan Pelayanan
  9. Kesopanan dan Keramahan petugas

10.  Kewajaran Biaya pelayanan

11.  Kepastian Biaya pelayanan

12.  Kepastian Jadwal Pelayanan

13.  Kenyamanan Lingkungan

14.  Keamanan Pelayanan

Perhitungan Bobot nilai rata tertimbang adalah :

 

BOBOT

RATA-RATA

TERTIMBANG

  

     JUMLAH BOBOT

=   —- ——————–

      JUMLAH UNSUR

  

         1

=  ————

        14

 

 

 

=  0,071

 

Berdasarkan pengukuran terhadap kualitas unsur palayanan tersebut diperoleh hasil sebagai berikut :

INDEKS KEPUASAAN MASYARAKAT (IKM)   =    79

 

Dengan angka Indeks sebesar tersebut diatas, maka kinerja Puskesmas Sungkai berada dalam mutu pelayanan posisi   B   dengan katagori  Baik, dengan angka indeks 79 berada dalam interval 62,51 – 81,25 berdasarkan indeks Katagori Mutu Pelayanan sebagai berikut :     

 

Nilai

Persepsi

 

Nilai Interval

IKM

 

Nilai Interval Konversi IKM

 

Mutu Pelayanan

 

Kinerja Unit Pelayanan

 

1

1,00 – 1,75

25,00 – 43,75

D

Tidak Baik

2

1,76 – 2,50

43,76 – 62,50

C

Kurang Baik

3

2,51 – 3,25

62,51 – 81,25

B

Baik

4

3,26 – 4,00

81,26 – 100,00

A

Sangat baik

 

Tabel 2 : Nilai Rata-rata (NRR) per Unsur Pelayanan

No

Unsur Pelayanan

Nilai Unsur

Pelayanan

1

Kemudahan Prosedur Pelayanan

3,14

2

Kesesuaian persyaratan pelayanan dengan jenis pelayanan

3,07

3

Kejelasanan petugas yang melayanani

3,03

4

Kedisiplinan Petugas pemberi pelayanan

2,87

5

Tanggung jawab petugas pelayanan

3,04

6

Kemampunan petugas pemberi pelayanan

3,09

7

Kecepatan pelayanan

3,03

8

Keadilan mendapatkan pelayanan

3,12

9

Kesopanan dan keramahan petugas pelayanan

3,09

10

Kewajaran biaya pelayanan

3,01

11

Kesesuaian biaya dengan biaya ysng ditetapkan

2,96

12

Ketetapan jadwal pelayanan

2,84

13

Kenyamanan di lingkungan pelayanan

2,91

14

Keamanan di unit pelayanan

3,04

             Tabel 2 tersebut diatas menunjukkan bahwa semua unsur pelayanan mempunyai nilai rata-rata diatas 2,8. Hal ini menunjukkan penilaian masyarakat terhadap unsur-unsur pelayanan  yang diterima di Puskesmas Sungkai  menurut mereka  umumnya sudah baik.

             Unsur-unsur yang memiliki nilai rata-rata paling tinggi adalah kemudahan prosedur pelayanan yaitu 3,14. Dari angka ini dapat diambil kesimpulan bahwa  prosedur pelayanan  yang didapatkan  masyarakat di Puskesmas Sungkai menurut mereka  mudah . Hal ini mungkin dikarenakan adanya karena adanya                      Program Pelayanan Kesehatan Dasar Gratis 24 Jam  bagi seluruh warga masyarakat Kabupaten Banjar . Selain itu mungkin juga karena Puskesmas Sungkai dengan fasilitas UGD  yang buka penuh selama 24 jam dengan petugas paramedis bahkan  medis siaga di tempat sehingga kapan saja masyarakat dapat meminta pelayanan kesehatan. Masyarakat yang datang mendapatkan pelayanan kesehatan tidak saja berasal dari wilayah kerja Puskesmas, juga dari wilayah kerja Puskesmas sekitarnya bahkan dari luar Kabupaten.

              Unsur pelayanan yang memiliki nilai Indeks paling rendah adalah ketetapan jadwal Pelayanan, yaitu 2,84. Nilai ini tingkat kepuasan terhadap unsure ini masih rendah sehingga perlu dirtingkatkan.

              Terdapat 4 unsur yang  tingkat  kepuasaannya di bawah rata-rata ( 3 ), yaitu ;

  1. Kedisiplinan Petugas pemberi pelayanan
  2. Kesesuaian biaya dengan biaya yang ditetapkan
  3. Ketetapan jadwal pelayanan
  4. Kenyamanan di lingkungan pelayanan

BAB  IV

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

 

 

  1. A.    Kesimpulan
  2. Secara umum kualitas pelayanan di Puskesmas Sungkai Kecamatan                Simpang Empat di persepsikan oleh masyarakat penggunanya pada posisi B                     dengan katagori BAIK , dengan angka Indeks 79 , berada dalam                               interval 62,51 – 81,25
  3. Dalam peningkatan kualitas pelayanan, diprioritaskan pada unsur-unsur yang mempunyai nilai paling rendah, sedangkan unsur yang mempunyai nilai cukup tinggi harus tetap dipertahankan
  4. Unsur-unsur yang perlu mendapatkan perhatian untuk di tingkatkan, yaitu :
    1. Kedisiplinan Petugas pemberi pelayanan
    2. Kesesuaian biaya dengan biaya yang ditetapkan
      1. Ketetapan jadwal pelayanan
      2. Kenyamanan di lingkungan pelayanan

 

  1. B.     Rekomendasi

Berdasarkan hasil perhitungan, bahwa terdapat  4 unsur pelayanan yang mendapatkan nilai rendah di bawah rata-rata 3 , yang  perlu  mendapatkan  perhatian :

  1. Dalam rangka  memperbaiki kedisiplinan petugas dalam memberikan  pelayanan kepada masyarakat , perlu diupayakan :
    1. Pembuatan jadwal jaga / Piket petugas yang jelas, terutama di unsur pelayanan utama seperti di Poli umum dan KIA/KB.
    2. Memberikan reward kepada petugas yang tingkat kedisiplinanannya bagus dan memberikan sanksi / teguran sesuai peraturan kepegawaian kepada petugas yang kedisiplinannya rendah/ kurang.

        2. Untuk kejelasan kesesuaian biaya dengan biaya yang ditetapkan, perlu dilakukan langkah- langkah sebagai  :

  1. Meningkatkan sosialisasi program pelayanan kepada setiap masyarakat Kabupaten Banjar yang datang berkunjung tentang pelayanan kesehatan dasar gratis 24 jam di Institusi Pelayanan Kesehatan / Puskesmas Sungkai.
  2.  Untuk masyarakat luar kabupaten/ pendatang, akan dikenakan tarip pelayanan  berdasarkan tarip pelayanan yang  berlaku.

3.   Untuk pengaturan ketetapan jadwal Pelayanan,  akan mengikuti jadwal yang telah ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar sesuai dengan jam kerja pegawai , terkecuali  pelayanan UGD akan mengikuti jadwal PKD-G sesuai jadwal petugas jaga.

4.  Untuk meningkatkan kenyamanan di lingkungan Pelayanan, perlu  disampaikan bahwa selama priode penilaian Puskesmas Sungkai sedang dalam Rehab Total sehingga pelayanan terpusat di ruang UGD yang tidak representatip untuk semua unit pelayanan. Rasa nyaman  akan ditingkatkan  setelah  pelayanan akan dilaksanakan di gedung baru yang tentu lebih baik yang yang lama.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di MANAJEMEN KINERJA PUSKESMAS SUNGKAI, PROFIL PUSKESMAS SUNGKAI dan tag , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke INDEX KEPUASAN MASYARAKAT PUSKESMAS SUNGKAI 2008

  1. puskesmassungkai berkata:

    Waalaikumsalam… boleh saja, insya Allah nanti
    akan kami kirim ke alamat anda.trims atas kunjungannya

  2. puskesmassungkai berkata:

    Terimakasih atas kunjungannya pada Blog kami yang sederhana ini, semoga penelitiannya sukses dan cepat yudisium

  3. puskesmassungkai berkata:

    Ass.Wr.Wb.
    Mas Harry,sebelumnya kami ucapkan terimakasih atas kunjungannya di blog kamiang sederhana ini. Kami menyampaikan maaf bahwa laporan IKM yang kami muat merupakan laporan rutin tahunan seluruh Puskesmas dan Instansi Pelayanan Publik di kab.Banjar, Kalsel dalam perbaikan mutu pelayanan, jadi bukan hasil penelitian. Hasil IKM ini nantinya akan dinilai oleh Pemda dan yang terbaik akan mendapat penghargaan sebagai pelayan public terbaik pada hari jadi Kab.Banjar setiap tahunnya. Jagi form laporannya sebagaimana yang ada kami tampilkan. Wassalam

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s